• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di Sdn 1 Kalibaru Pada Materi Muatan Ips

    Thumbnail
    View/Open
    PRAMADIA NINGGAR AMANDA PUTRI - 170210204114.pdf (6.476Mb)
    Date
    2021-04-16
    Author
    PUTRI, Pramadia Ninggar Amanda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah aspek yang penting karena pendidikan mampu membawa kemajuan bagi suatu Negara. Salah satu usaha peningkatan kualitas pendidikan yaitu dengan cara menyesuaikan penggunaan model pembelajaran dengan materi yang akan disampaikan. Penyesuaian penggunaan model pembelajaran bertujuan agar siswa dapat mengembangkan potensinya secara maksimal. Pada pembelajaran abad 21 siswa dituntut untuk memiliki kompetensi 4C yaitu Critical Thinking, Collaboration, Creative dan Communicatio. Kemampuan berfikir kritis pada siswa sekolah dasar perlu dilatih agar siswa memiliki kemampuan untuk mengambil sebuah keputusan dalam menghadapi masalah keputusan. Kemampuan ini akan sangat bermanfaat pada saat siswa masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Problem-Based Learning (PBL) adalah salah satu contoh model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk berpartisipasi langsung dalam menyelesaikan suatu masalah sederhana. Penggunaan masalah sebagai bahan belajar bagi peserta didik bertujuan untuk melatih kemampuan menyelesaikan masalah secara mandiri dan berpikir kritis, serta membangun pengetahuan baru yang belum mereka temui sebelumnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penerapan pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di SDN 1 Kalibaru pada materi muatan IPS?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di SDN 1 Kalibaru pada materi muatan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian ini adalah non equivalent control group design. Untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen, dilakukan uji homogenitas pada kedua kelas untuk mengetahui homogeny atau tidaknya. Selanjutnya pemberian pretest pada kedua kelompok tersebut. Dan di diberikan posttest diakhir pada kelompok eksperimen dan kontrol untuk melihat perubahan atas tindakan yang berbeda. Penelitian dilakukan di SDN 1 Kalibaru Banyuwangi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan subyek penelitian kelas IVA dan IVB.. Instrumen tes yang digunakan berupa soal-soal pretest dan posttest yang berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen menjadi 81,5 lebih tinggi dari kelas control yaitu 70,2. Hasil uji hipotesis menjelaskan nilai uji t sebesar 4,260 , sedangkan nilai ttabel dengan df 44 sebesar 2,015. Sehingga dapat ditulis nilai t > ttabel, 4,260 > 2,015. Berdasarkan pengambilan keputusan hasil pengujian hipotesis, jika nilai t > ttabel maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning yang signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah bagi Guru diharapkan metode pembelajaran Problem-Based Learning dapat digunakan sebagai variasi metode setelah metode konvensional karena model PBL dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Bagi Peneliti diharapkan sebagai pengalaman dan pelatihan dalam melakukan penelitian dan menyusun hasil penelitian. Bagi peneliti lain diharapkan sebagai referensi penelitian yang relevan
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113276
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15368]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository