dc.contributor.author | PUTRI, Pramadia Ninggar Amanda | |
dc.date.accessioned | 2023-03-21T03:27:17Z | |
dc.date.available | 2023-03-21T03:27:17Z | |
dc.date.issued | 2021-04-16 | |
dc.identifier.nim | 170210204114 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113276 | |
dc.description.abstract | Pendidikan adalah aspek yang penting karena pendidikan mampu
membawa kemajuan bagi suatu Negara. Salah satu usaha peningkatan kualitas
pendidikan yaitu dengan cara menyesuaikan penggunaan model pembelajaran
dengan materi yang akan disampaikan. Penyesuaian penggunaan model
pembelajaran bertujuan agar siswa dapat mengembangkan potensinya secara
maksimal. Pada pembelajaran abad 21 siswa dituntut untuk memiliki kompetensi
4C yaitu Critical Thinking, Collaboration, Creative dan Communicatio.
Kemampuan berfikir kritis pada siswa sekolah dasar perlu dilatih agar siswa
memiliki kemampuan untuk mengambil sebuah keputusan dalam menghadapi
masalah keputusan. Kemampuan ini akan sangat bermanfaat pada saat siswa
masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Problem-Based Learning (PBL)
adalah salah satu contoh model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk
berpartisipasi langsung dalam menyelesaikan suatu masalah sederhana.
Penggunaan masalah sebagai bahan belajar bagi peserta didik bertujuan untuk
melatih kemampuan menyelesaikan masalah secara mandiri dan berpikir kritis,
serta membangun pengetahuan baru yang belum mereka temui sebelumnya.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penerapan
pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis
siswa di SDN 1 Kalibaru pada materi muatan IPS?”. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran
Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di SDN
1 Kalibaru pada materi muatan IPS.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis eksperimen semu (quasi
eksperimen). Desain penelitian ini adalah non equivalent control group design.
Untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen, dilakukan uji homogenitas
pada kedua kelas untuk mengetahui homogeny atau tidaknya. Selanjutnya pemberian pretest pada kedua kelompok tersebut. Dan di diberikan posttest
diakhir pada kelompok eksperimen dan kontrol untuk melihat perubahan atas
tindakan yang berbeda. Penelitian dilakukan di SDN 1 Kalibaru Banyuwangi pada
semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan subyek penelitian kelas IVA dan
IVB.. Instrumen tes yang digunakan berupa soal-soal pretest dan posttest yang
berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal.
Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata nilai posttest kelas
eksperimen menjadi 81,5 lebih tinggi dari kelas control yaitu 70,2. Hasil uji
hipotesis menjelaskan nilai uji t sebesar 4,260 , sedangkan nilai ttabel dengan df
44 sebesar 2,015. Sehingga dapat ditulis nilai t > ttabel, 4,260 > 2,015.
Berdasarkan pengambilan keputusan hasil pengujian hipotesis, jika nilai t > ttabel
maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning yang signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Saran
yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah bagi Guru
diharapkan metode pembelajaran Problem-Based Learning dapat digunakan
sebagai variasi metode setelah metode konvensional karena model PBL dapat
meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Bagi Peneliti diharapkan sebagai
pengalaman dan pelatihan dalam melakukan penelitian dan menyusun hasil
penelitian. Bagi peneliti lain diharapkan sebagai referensi penelitian yang relevan | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Problem - Based Learning (Pbl) | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berfikir | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di Sdn 1 Kalibaru Pada Materi Muatan Ips | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dyah Puspitaningrum,S.E.,M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | Yd | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi Tanggal 21 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyah | en_US |