• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Cloud classroom CCR pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Della Presilia_Skripsi.pdf (3.679Mb)
    Date
    2022-08-04
    Author
    PRESILIA, Della
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan peristiwa yang ada didalamnya. Proses pembelajaran IPA dapat mengembangkan tiga aspek penting siswa, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dengan adanya teknologi dalam pendidikan maka pembelajaran dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) menggunakan internet. Salah satu pembelajaran yang memanfaatkan internet adalah pembelajaran e-learning. Pembelajaran dengan menggunakan e-learning memberikan kemudahan berupa pembelajaran yang fleksibel, lebih interaktif, dinamis dan komunikatif antara guru dan siswa. Pembelajaran e-learning anatar lain dapat dilaksanakan dengan menggunakan Cloud Classroom (CCR). Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengkaji pengaruh penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi energi dalam sistem kehidupan terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VII SMP, dan (2) mengkaji pengaruh penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi energy dalam sistem kehidupan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Balen pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 secara daring menggunakan Cloud Classroom (CCR) pada kelas eksperimen dan google Classroom pada kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk keterampilan komunikasi adalah menggunakan angket dan observasi, dan untuk hasil belajar menggunakan tes. Instrument utama penelitian ini yaitu lembar angket, lembr observasi, dan tes. Sedangkan. Instrument pendukung penelitian ini adalah lembar observai keterlaksanaan pembelajaran dan wawancara. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah pertama dengan uji independent sample t-test untuk angket dan uji Mann-Whitney U untuk observasi. Rumusan masalah kedua dengan menggunakan uji independent sample t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS versi 22.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113063
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository