dc.contributor.author | PRESILIA, Della | |
dc.date.accessioned | 2023-03-20T02:14:03Z | |
dc.date.available | 2023-03-20T02:14:03Z | |
dc.date.issued | 2022-08-04 | |
dc.identifier.nim | 180210104013 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113063 | |
dc.description.abstract | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah suatu ilmu yang mempelajari
tentang gejala alam dan peristiwa yang ada didalamnya. Proses pembelajaran IPA
dapat mengembangkan tiga aspek penting siswa, yaitu pengetahuan, sikap, dan
keterampilan. Dengan adanya teknologi dalam pendidikan maka pembelajaran
dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) menggunakan internet. Salah satu
pembelajaran yang memanfaatkan internet adalah pembelajaran e-learning.
Pembelajaran dengan menggunakan e-learning memberikan kemudahan berupa
pembelajaran yang fleksibel, lebih interaktif, dinamis dan komunikatif antara guru
dan siswa. Pembelajaran e-learning anatar lain dapat dilaksanakan dengan
menggunakan Cloud Classroom (CCR).
Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengkaji pengaruh penggunaan
Cloud Classroom (CCR) pada materi energi dalam sistem kehidupan terhadap
keterampilan komunikasi siswa kelas VII SMP, dan (2) mengkaji pengaruh
penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi energy dalam sistem kehidupan
terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain
penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Balen pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 secara daring
menggunakan Cloud Classroom (CCR) pada kelas eksperimen dan google
Classroom pada kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII B sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data untuk keterampilan komunikasi adalah menggunakan angket dan observasi,
dan untuk hasil belajar menggunakan tes. Instrument utama penelitian ini yaitu lembar angket, lembr observasi, dan tes. Sedangkan. Instrument pendukung
penelitian ini adalah lembar observai keterlaksanaan pembelajaran dan
wawancara. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah pertama
dengan uji independent sample t-test untuk angket dan uji Mann-Whitney U untuk
observasi. Rumusan masalah kedua dengan menggunakan uji independent sample
t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS versi 22. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Cloud Classroom | en_US |
dc.subject | Materi Energi | en_US |
dc.subject | Sistem Kehidupan | en_US |
dc.title | Pengaruh Cloud classroom CCR pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan MIPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Indrawati, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd.,M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Arin | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyah | en_US |