Show simple item record

dc.contributor.authorPRESILIA, Della
dc.date.accessioned2023-03-20T02:14:03Z
dc.date.available2023-03-20T02:14:03Z
dc.date.issued2022-08-04
dc.identifier.nim180210104013en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113063
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan peristiwa yang ada didalamnya. Proses pembelajaran IPA dapat mengembangkan tiga aspek penting siswa, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dengan adanya teknologi dalam pendidikan maka pembelajaran dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) menggunakan internet. Salah satu pembelajaran yang memanfaatkan internet adalah pembelajaran e-learning. Pembelajaran dengan menggunakan e-learning memberikan kemudahan berupa pembelajaran yang fleksibel, lebih interaktif, dinamis dan komunikatif antara guru dan siswa. Pembelajaran e-learning anatar lain dapat dilaksanakan dengan menggunakan Cloud Classroom (CCR). Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengkaji pengaruh penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi energi dalam sistem kehidupan terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VII SMP, dan (2) mengkaji pengaruh penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi energy dalam sistem kehidupan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Balen pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 secara daring menggunakan Cloud Classroom (CCR) pada kelas eksperimen dan google Classroom pada kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk keterampilan komunikasi adalah menggunakan angket dan observasi, dan untuk hasil belajar menggunakan tes. Instrument utama penelitian ini yaitu lembar angket, lembr observasi, dan tes. Sedangkan. Instrument pendukung penelitian ini adalah lembar observai keterlaksanaan pembelajaran dan wawancara. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah pertama dengan uji independent sample t-test untuk angket dan uji Mann-Whitney U untuk observasi. Rumusan masalah kedua dengan menggunakan uji independent sample t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS versi 22.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCloud Classroomen_US
dc.subjectMateri Energien_US
dc.subjectSistem Kehidupanen_US
dc.titlePengaruh Cloud classroom CCR pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan MIPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Indrawati, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd.,M.Pden_US
dc.identifier.validatorArinen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record