| dc.contributor.author | PRESILIA, Della |  | 
| dc.date.accessioned | 2023-03-20T02:14:03Z |  | 
| dc.date.available | 2023-03-20T02:14:03Z |  | 
| dc.date.issued | 2022-08-04 |  | 
| dc.identifier.nim | 180210104013 | en_US | 
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113063 |  | 
| dc.description.abstract | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah suatu ilmu yang mempelajari 
tentang gejala alam dan peristiwa yang ada didalamnya. Proses pembelajaran IPA 
dapat mengembangkan tiga aspek penting siswa, yaitu pengetahuan, sikap, dan 
keterampilan. Dengan adanya teknologi dalam pendidikan maka pembelajaran 
dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) menggunakan internet. Salah satu 
pembelajaran yang memanfaatkan internet adalah pembelajaran e-learning. 
Pembelajaran dengan menggunakan e-learning memberikan kemudahan berupa 
pembelajaran yang fleksibel, lebih interaktif, dinamis dan komunikatif antara guru 
dan siswa. Pembelajaran e-learning anatar lain dapat dilaksanakan dengan 
menggunakan Cloud Classroom (CCR). 
Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengkaji pengaruh penggunaan 
Cloud Classroom (CCR) pada materi energi dalam sistem kehidupan terhadap 
keterampilan komunikasi siswa kelas VII SMP, dan (2) mengkaji pengaruh 
penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi energy dalam sistem kehidupan 
terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP. 
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain 
penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP 
Negeri 1 Balen pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 secara daring 
menggunakan Cloud Classroom (CCR) pada kelas eksperimen dan google 
Classroom pada kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 
VII, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII B sebagai 
kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan 
data untuk keterampilan komunikasi adalah menggunakan angket dan observasi, 
dan untuk hasil belajar menggunakan tes. Instrument utama penelitian ini yaitu lembar angket, lembr observasi, dan tes. Sedangkan. Instrument pendukung 
penelitian ini adalah lembar observai keterlaksanaan pembelajaran dan 
wawancara. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah pertama 
dengan uji independent sample t-test untuk angket dan uji Mann-Whitney U untuk 
observasi. Rumusan masalah kedua dengan menggunakan uji independent sample 
t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS versi 22. | en_US | 
| dc.language.iso | other | en_US | 
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US | 
| dc.subject | Cloud Classroom | en_US | 
| dc.subject | Materi Energi | en_US | 
| dc.subject | Sistem Kehidupan | en_US | 
| dc.title | Pengaruh Cloud classroom CCR pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP | en_US | 
| dc.type | Skripsi | en_US | 
| dc.identifier.prodi | Pendidikan MIPA | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Indrawati, M.Pd | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd.,M.Pd | en_US | 
| dc.identifier.validator | Arin | en_US | 
| dc.identifier.finalization | Finalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyah | en_US |