Analisis Statistika Deskriptif dan Tabulasi Silang Prestasi Siswa di Masa Pandemi (Studi Kasus SMA Tunas Luhur Paiton)
Abstract
Prestasi adalah hasil dari proses pembelajaran selama waktu tertentu. Nilai prestasi yang berupa angka pada siswa SMA Tunas Luhur adalah hasil dari belajar siswa yang dilakukan selama beberapa semester, dimana pada awal tahun 2020 kebijakan belajar yang sebelumnya tatap muka diganti dengan online dikarenakan adanya wabah pandemic COVID-19 yang melanda hampir seluruh dunia, untuk menganalisa hasil belajar siswa khususnya siswa angkatan 2019 yang pernah merasakan proses belajar tatap muka secara langsung dan berubah menjadi online maka dibutuhkan analisa dengan menggunakan metode statistika deskriptif dan tabulasi silang agar diperoleh suatu hasil atau informasi yang berkaitan dengan prestasi siswa selama proses belajar sejak sebelum pandemi dan setelah pandemi Hasil dari korelasi antara faktor demografi, faktor internal dan faktor eksternal didapatkan hasil bahwa dampak masa pandemi tidak mempengaruhi pada variabel minat, bakat, suasana rumah, pendidikan ayah, dan teman bergaul hasil
tersebut didapatkan dari hasil rata-rata yang menunjukan nilai indeks prestasi lebih tinggi daripada siswa yang tidak terdampak pandemi.