Pengembangan Sistem Pemesanan Alat Belajar Sekolah Berdasarkan Analisis Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (Studi Kasus: CV. Pustaka Ilmu )
Abstract
CV. Pustaka Ilmu merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
distribusi dan pengadaan yang telah memiliki website disediakan oleh
Kemendikbud. Kemudian, CV. Pustaka Ilmu akan menerima pesanan, merekap
dan mengirimkan pesanan ke pabrik yang bekerja sama dengan CV. Pustaka Ilmu
melalui surat pesanan yang dikirimkan via e-mail. Proses terakhir yaitu pabrik
akan memproses pesanan yang ada, setelah selesai barang pesanan akan segera
dikirimkan kembali.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses bisnis pada CV.
Pustaka Ilmu dengan menggunakan metode Business Process Improvement (BPI),
dimana metode BPI diterapkan untuk menciptakan sistem pemesanan antara
distributor dan pabrik yang membantu mengefisienkan proses bisnis yang
dilakukan. Business Process Improvement (BPI) merupakan pendekatan
terstruktur untuk dapat menganalisis dan meningkatkan kinerja perusahaan secara
berkelanjutan dengan fokus pada eliminasi pemborosan dan birokrasi.
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, upaya untuk mengoptimalkan
proses bisnis yang sedang dijalankan saat ini yaitu dengan melakukan
pengembangan sistem pemesanan dari pihak CV. Pustaka Ilmu kepada pihak
pabrik. Dimana hal itu dilakukan sebagai upaya pengoptimalan dari masalah pada
proses bisnis yang terjadi. Dibangunnya sistem informasi ini diharapkan dapat
diterapkan pada proses bisnis perusahaaan menjadi lebih optimal, efektif dan
efisien.