Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Berbasis Powtoon dengan Sintak Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills
Date
2022-11-01Author
IRANI, Puji Rizki
SUMARDI, Sumardi
UMAMAH, Nurul
Metadata
Show full item recordAbstract
Paradigma merdeka belajar dan perkembangan teknologi digital membawa perubahan
besar dalam pembelajaran sejarah. Pendidik diharapkan berinovasi dalam pembelajaran guna
mengembangkan Critical Thinking Skills (CTS) peserta didik. Namun hasil penelitian terdahulu dan
observasi awal, menunjukkan permasalahan terkait rendahnya CTS peserta didik. Tujuan
penelitian dan pengembangan ini adalah memberikan solusi alternatif rendahnya CTS peserta
didik dengan mengembangkan video pembelajaran sejarah berbasis Powtoon dengan sintak model
Inquiry Learning. Desain penelitian menggunakan tahapan pengembangan model ASSURE. Hasil
penelitian dan pengembangan adalah video pembelajaran sejarah berbasis Powtoon dengan sintak
model Inquiry Learning yang tervalidasi ahli efektif meningkatkan CTS. Rekomendasi dari temuan
penelitian dan pengembangan ini, mempertimbangkan kelemahan video Powtoon yang harus
online, perlu penelitian dan pengembangan lebih lanjut dengan mendesain video versi aplikasi
Powtoon secara offline.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]