Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Date
2022-12-04Author
WULANDARI, Riftiani Dwi
PAMBUDI, Didik Sugeng
PUTRI, Inge Wiliandani Setya
KURNIATI, Dian
AMBARWATI, Reza
Metadata
Show full item recordAbstract
Kemampuan berpikir kritis dan Adversity Quotient (AQ) berperan penting dalam
proses menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kemampuan berpikir kritis siswa SMA berdasarkan Adversity Quotient (AQ) pada
materi sistem persamaan linear tiga variable (SPLTV). Jenis penelitian ini adalah
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket
ARP, soal tes, dan pedoman wawancara. Angket ARP diberikan kepada tiga kelas di
sebuah SMA Negeri di Jember, Indonesia. Dari 3 kelas tersebut dipilih 7 subjek
penelitian, di mana 3 siswa dengan kategori AQ tinggi, 3 siswa AQ sedang, dan 1
siswa AQ rendah. Kemudian, mereka diberikan masalah matematika topik SPLTV
untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa siswa dengan kategori AQ tinggi cenderung mempunyai kemampuan berpikir
kritis sangat tinggi dan tinggi. Siswa kategori AQ sedang cenderung mempunyai
kemampuan berpikir kritis tinggi dan sedang, serta siswa kategori AQ rendah
cenderung memiliki kemampuan berpikir kritis yang sangat rendah. Saran untuk siswa
perlu meningkatkan AQ agar mampu memiliki kemampuan berpikir kritis yang
optimal.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]