Pengaruh Air Gap Terhadap Unjuk Kerja Motor Brushless Direct Current 3 Fasa Fluks Aksial Stator Ganda
Date
2021-01-05Author
HIDAYAH, Bella Octavia Nurul
HADI, Widyono
CAHYADI, Widya
Metadata
Show full item recordAbstract
Between the stator and rotor there is a gap called
the air gap. In BLDC motors, air gaps can affect motor speed
and motor torque. The purpose of this study is to determine the
effect of the air gap on the speed and torque produced by the
BLDC 3 phase double stator axial flux motor. Tests are carried
out at 4 mm and 5 mm air gap, when the motor is not overloaded
and when the motor is loaded, at a source voltage of 12V - 15V.
The results of testing on the motor are not burdened, ie when the
source voltage is increased, the voltage, current, frequency,
speed, motor power and torque increase. At a 5 mm water gap,
the results of the voltage, frequency and speed have a greater
value than the 4 mm water gap. While the results of the motor
current, motor power and torque have a smaller value than the 4
mm air gap. The results of the motorized test are when the load
and source voltage are increased, the motor voltage, frequency
and speed increase. While the current, power and torque of the
motor decreases. At the 4 mm water gap, the results of the
voltage, frequency and speed of the motor have a greater value
than the 5 mm water gap. While the current, power and torque
of the motor have a smaller value than the 5 mm air gap.
Intisari— Diantara stator dan rotor terdapat celah yang
disebut celah udara (air gap). Pada motor BLDC celah udara
dapat mempengaruhi kecepatan motor dan torsi motor. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh air gap terhadap
kecepatan dan torsi yang dihasilkan oleh motor BLDC 3 fasa
fluks aksial stator ganda. Pengujian dilakukan pada air gap 4
mm dan 5 mm, ketika motor tidak berbeban dan ketika motor
diberi beban, pada tegangan sumber sebesar 12V – 15V. Hasil
pengujian pada motor tidak berbeban yaitu ketika tegangan
sumber dinaikkan, maka tegangan, arus, frekuensi, kecepatan,
daya motor dan torsi meningkat. Pada air gap 5 mm, hasil dari
tegangan, frekuensi dan kecepatan memiliki nilai yang lebih
besar dibandingkan pada air gap 4 mm. Sedangkan hasil dari
arus motor, daya dan torsi motor memiliki nilai yang lebih kecil
dibandingkan pada air gap 4 mm. Hasil pengujian motor berban
yaitu ketika beban dan tegangan sumber dinaikkan, maka
tegangan, frekuensi dan kecepatan motor meningkat. Sedangkan
arus, daya dan torsi motor menurun. Pada air gap 4 mm, hasil
dari tegangan, frekuensi dan kecepatan motor memiliki nilai
yang lebih besar dibandingkan pada air gap 5 mm. Sedangkan
arus, daya dan torsi motor memiliki nilai yang lebih kecil
dibandingkan pada air gap 5 mm.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]