Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Tahu di Kabupaten Jember
Date
2016-04-25Author
AWIF, Muta ‘
AJI, Joni Murti Mulyo
SUPRIONO, Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Konsumsi produk tahu dan pertumbuhannya dari tahun ketahun cenderung meningkat. Hal tersebut
berdampak pada berkembangnya agroindustri produk tahu, salah satunya di Kabupaten Jember yang
memiliki banyak agroindustri produk tahu. Salah satu sentra agroindustri tersebut berada di Rambipuji,
Ambulu dan Ajung. Namun perkembangan agroindustri produk tahu cenderung stagnan, diduga terdapat
masalah yang berhubungan dengan konsumen yang menginginkan diversifikasi produk maupun hal lain
yang berhubungan dengan produk tahu, sehingga diperlukan suatu tindakan agar agroindustri tersebut
semakin berkembang. Sebagai upaya untuk mendukung perkembangan agroindustri tahu, diperlukan
analisis mengenai perilaku konsumen sehingga diharapkan dapat mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk tahu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
korelasional dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu adalah faktor kualitas, harga, ketersediaan dan motivasi
(2) terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendapatan konsumen dengan faktor kualitas (3) terdapat
hubungan yang nyata antara tingkat pendidikan konsumen dengan faktor kualitas
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7359]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Diskriminan Berdasarkan Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Di Kabupaten Jember
Cok Rika Antari Dewi (2014-01-25)Pada penelitian ini berjudul “Analisis Diskriminan Berdasarkan Faktor Budaya, Faktor Pribadi, Faktor Sosial Dan Faktor Psikologis Terhadap proses Pembelian Produk Pizza Hut di Kabupaten Jember ”. Tujuan penelitian ... -
KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN FAKTOR BUDAYA, FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS PADA PRODUK PIZZA HUT JEMBER
Diah Yulisetiarini (2014-08-15)This study analyzes consumer purchasing decisions based on cultural factor , personal, social and psychological Pizza Hut Jember . Sample of consumers who consume pizza hut. Sampling technique in this study using purposive ...