dc.description.abstract | Tren gaya hidup atau lifestyle mengkonsumsi kopi di era modern seperti saat ini mulai berkembang dan
merambah masyarakat khususnya di wilayah perkotaan. Pesatnya pertumbuhan kedai kopi di Indonesia,
salah satunya dapat terlihat di wilayah perkotaan Kabupaten Bondowoso. Munculnya city branding
“Bondowoso Republik Kopi” semakin mendorong munculnya kedai-kedai kopi modern baru. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik konsumen kedai kopi modern di wilayah perkotaan
Kabupaten Bondowoso, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen kedai kopi
modern, Penentuan daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive method). Penelitian dilakukan
pada kedai-kedai kopi modern yang terdapat di wilayah perkotaan Kabupaten Bondowoso. Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah 120. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: (1) terdapat beberapa karakteristik konsumen kedai kopi modern yang terdiri dari
konsumen laki-laki dengan presentase sebesar 77,5 persen dan konsumen perempuan sebesar 22,5 persen,
konsumen yang berusia 15-30 tahun sebesar 95,84 persen dengan tingkat pendidikan terakhir SMA sebesar
75 persen sebanyak 66,67 persen konsumen dalam penelitian ini memliki intensitas meminum kopi
sebanyak 3-4 cangkir per hari, mayoritas konsumen mengunjungi kedai kopi sebanyak 1 kali seminggu
sebesar 36,67 persen, (2) terbentuk 4 Faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen yaitu faktor citra
kedai atau brand image, faktor pelayanan atau service, faktor kopi dan faktor sentuhan modern. | en_US |