Perilaku Konsumen Cookies Tepung Cassava UD. Nula Abadi di Kabupaten Bondowoso
Date
2019-05-05Author
AKBAR, Fithroh Wahyu Sulistiyo
AJI, Joni Murti Mulyo
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan UMKM berbasis agroindustri dapat membantu perekonomian
Indonesia. UD. Nula Abadi satu-satunya UMKM di Kabupaten Bondowoso yang
mengolah tanaman singkong menjadi tepung dan cookies sehingga menjadi produk yang
bernilai tambah. Perlu strategi bauran pemasaran yang tepat untuk mengembangkan
UD. Nula Abadi melalui analisis perilaku konsumen pada pelanggannya. Sehingga
tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) karakteritik umum konsumen dan proses
keputusan pembelian (2) sikap dan tingkat kepuasan konsumen UD. Nula Abadi.
Metode penelitiannya menggunakan metode deskriptif. Penentuan sampel responden
dengan teknik snowballsampling dan judgemental sampling. Data dikumpulkan dengan
cara wawancara, kuesioner, observasi, studi pustaka atau dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis fishbein, CustomerSatisfactionIndex, ImportancePerformanceAnalysis.
Konsumen mayoritas perempuan berstatus isteri dan bekerja PNS. Motivasi pembelian
berasal dari keluarga dan jenis cookies opak lebih diminati konsumen. Dari 22 atribut
hasil analisis fishbein masuk kategori suka. Nilai CSI 88,82 % masuk kategori sangat puas.
Rekomendasi bauran pemasaran 4P pada produk adalah membuat produk inovatif dan
khas, pada tempat/distribusi adalah perlu mendirikan outlet dan penambahan
agen/sales, pada promosi adalah memanfaatkan media sosial dan directmarketing, dan
pada harga adalah menggunakan imitative pricing.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]