Pendampingan Praktikum Pengenalan Mikroskop Serta Bentuk dan Struktur Sel Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan Stikes Dr. Soebandi Jember Secara Online
Date
2022-06-01Author
ULUM, Fuad Bahrul
SUTOYO, Sutoyo
ARIMURTI, Sattya
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran dengan pendekatan pengembangan ketrampilan merupakan strategi yang sering dipakai
dalam pembentukan sikap ilmiah. Prakatikum merupakan metode pembelajaran yang diselenggarakan
terhadapa mahasiswa STIKES dr. Soebandi Jember dalam pengenalan dan penggunaan Mikroskop,
serta pendalaman materi pembelajaran bentuk dan struktur sel. Pelaksanaan praktikum selama
pandemi Covid-19 di Jurusan biologi Universitas Jember dilakukan secara online. Tujuan penulisan
artikel ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran online terhadap capaian pembelajaran
yang direkam dari kegiatan praktikum. Penelitian dilakukan dengan analisis data capaian
pembelajaran dan menguji signifikansi skor rerata nilai laporan praktikum dan membandingkannya
dengan tes akhir. Hasil penelitian diketahui bahwa capaian pembelajaran terendah adalah tes akhir
yang dipengaruhi oleh beban materi pembelajaran yang diujikan. Pembelajaran berbasis aktivitas dan
dilengkapi dengan kecukupan pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa memberikan hasil optimal
dalam penilaian capaian pembelajaran.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]