Pengaruh E-WOM Dan Online Customer Review terhadap Customer Trust dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Elektronik Rumah Tangga Di Tokopedia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth dan online customer review terhadap customer trust dan dampaknya pada keputusan pembelian produk elektronik rumah tangga di Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini adalah pengguna Tokopedia di Jawa Timur dengan kriteria usia minimal 17 tahun dan pernah melakukan pembelian produk elektronik rumah tangga di Tokopedia. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dan dikumpulkan dalam bentuk kuisioner. Kuisioner dibagikan secara online melalui google forms dan berhasil mengumpulkan 250 responden. Data jawaban responden diolah menggunakan SPSS 22. Hasil olah data menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap customer trust, online customer review berpengaruh signifikan terhadap customer trust, customer trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui customer trust, dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui customer trust.