Pengembangan Media Berbasis Prezi pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA dengan Model 4D
Date
2021-05-20Author
ROHMAN, Prasetyo Nur
NA'IM, Mohammad
SUMARDI, Sumardi
Metadata
Show full item recordAbstract
Rendahnya daya tarik peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah menjadi permasalahan yang dihadapi pengajar. Media prezi dimungkinkan dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam belajar mata pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang tervalidasi pengembangan media berbasis prezi pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA dengan model 4D. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan angket. Subjek penelitian terdiri dari 3 sekolah, yaitu SMA Muhammadiyah 1 Jember, SMA Muhammadiyah 2 Jember, dan SMA Muhammadiyah 3 Jember. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi materi dan validasi media dan desain. Pengembangan media berbasis prezi menghasilkan validasi ahli media dan desain tahap pertama sebesar 81% dengan kategori baik dan validasi kedua memperoleh 92% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli materi tahap pertama memperoleh persentase sebesar 62% dengan kategori kurang dan validasi kedua memperoleh 77% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media berbasis prezi dapat dikatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]