• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Prezi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Assure

    Thumbnail
    View/Open
    FKIP_JURNAL_Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Assure.pdf (2.398Mb)
    Date
    2022-06-30
    Author
    ASIYAH, Alvina Siti
    SUMARDI, Sumardi
    UMAMAH, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran di abad 21 menuntut siswa untuk memiliki keterampilan, pengetahuan dan kemampuan di bidang teknologi, media dan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk melihat besarnya peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi dengan model ASSURE. Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Prezi yang telah divalidasi oleh ahli dan pengguna. Sumber belajar dirancang sesuai dengan karakteristik siswa dan berdasarkan analisis kebutuhan pengguna. Hasil validasi isi bidang kajian untuk media Prezi adalah 96 persen, pada kategori sangat sesuai, ahli desain pembelajaran 98 persen pada kategori sangat sesuai, ahli bahasa 94 persen pada kategori sangat sesuai. Uji pengguna pendidik produk 80 persen sangat layak. Rata-rata hasil belajar kelompok kecil untuk pre-test adalah 48,50, sedangkan post-test adalah 83,50. Pada uji lapangan rata-rata hasil belajar pre-test 47,14 sedangkan post-test 85,71. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar pada kelompok kecil sebesar 72,2 persen dengan kualifikasi tinggi dan pada uji coba lapangan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 82 persen dengan kualifikasi sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi layak digunakan dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rekomendasi yang dibuat berdasarkan hasil penelitian ini adalah penggunaan media berbasis teknologi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111806
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7410]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository