Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan dalam hal mengetahui pengaruh implementasi metode guided note taking yang diintegrasikan dengan media audio visual pada hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu berpola nonequivalent control group. Sampel penelitian merupakan siswa kelas V SDN Ketapang 1 dan SDN Pilang 2. Siswa Kelas V SDN Ketapang 1 merupakan kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Pilang 2 merupakan kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini memanfaatkan tes pretest-posttest. Analisis data dengan independent sample t-test memanfaatkan aplikasi SPSS versi 20. Berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan hasil thitung sebesar 5,125. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan ttabel bertaraf signifikansi 5% dengan df 40, sehingga dihasilkan nilai ttabel = 2,021. Hasilnya nilai thitung > ttabel dengan nilai 5,125 > 2,021, memperlihatkan bahwasannya ada pengaruh yang signifikan pada perolehan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwasanya metode guided note taking yang diintegrasikan dengan media audio visual berdampak signifikan pada perolehan hasil belajar siswa kelas V.