• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi User Interface & User Experience pada Aplikasi Pospay Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Novica Sinta Wida 162410101028 Watermark UNEJ.pdf (3.179Mb)
    Date
    2022-07
    Author
    WIDA, Novica Sinta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aplikasi Pospay merupakan layanan keuangan online yang dimiliki oleh PT. Pos Indonesia yang telah ada sejak tahun 2019. Pospay adalah platform digital yang berbasis rekening Giropos yang dapat diakses secara mobile. Pospay memiliki beberapa fitur diantaranya Bill Payment, Pengiriman Uang, Pengelolaan Keuangan, dan QRIS. Pada tahun 2021 pengguna aplikasi Pospay mengalami kenaikan 57% di Kabupaten Jember. Hasil survey yang dilakukan peneliti kepada pengguna aplikasi Pospay yaitu, tidak ada notifikasi maupun pop-up pembatalan transaksi yang sedang berlangsung, tidak terdapat langkah-langkah dalam penggunaan aplikasi Pospay secara detail, serta simbol atau ikon di setiap menu belum konsisten. Diperlukan evaluasi terhadap aplikasi Pospay yang dapat mengetahui tingkat keparahan masalah dalam aplikasi Pospay berdasarkan interface dan experience pengguna. Penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation dengan menggunakan 10 prinsrip Heuristic serta 1 prinsip tambahan yaitu Privacy menurut Muller. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi perbaikan saran untuk aplikasi Pospay. Tahap pertama pada penelitian ini ialah penyusunan instrumen yang kemudian dijadikan butir-butir pertanyaan kuesioner serta dilanjutkan uji instrumen memakai uji validitas serta uji reliabilitas. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 332 pengguna aplikasi Pospay Kabupaten Jember. Kuesioner yang telah disebarkan, kemudian diolah sehingga menghasilkan nilai severity rating di setiap variabel Heuristic. Hasil dari evaluasi yang telah dilakukan ditemukan 27 permasalahan dari 32 pertanyaan kuesioner. Nilai severity ratings 3 (Major Usability Problem) terdapat 2 item di variabel Visibility of System Status dan Help and Documentation. Nilai severity ratings 2 (Minor Usability Problem). terdapat 2 item di variabel Error Prevention dan Help and Documentation. Nilai severity ratings 1 (Cosmetic Problem) terdapat 23 item di variabel Match Between System and The Real World, User Control and Freedom, Consistency and Standards, Recognition Rather Than Recall, dan Flexibility and Efficiency of Use. Nilai severity ratings 0 (Don’t Agree) terdapat 5 item di variabel Visibility of System Status, User Control and Freedom, Help and Documentation, dan Privacy.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111626
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1026]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository