• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembelajaran Model Discovery Berbantuan Media Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas IV SDN Gebang 3

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.278Mb)
    Date
    2022-10-18
    Author
    NATALIA, Dian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model discovery learning merupakan model pembelajaran melibatkan siswa secara maksimal bertujuan untuk mencari dan menemukan sesuatu secara sistematis, logis, kritis, analitis sehingga siswa dapat merumuskan sendiri pengetahuan yang ditemukan dengan percaya diri. Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku terdapat muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Pada muaran IPA membahas tentang gaya listrik dengan beberapa konsep abstarak seperti, elektron dan proton yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, maka di perlukan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan. Media tersebut adalah simulasi PhET. Simulasi PhET dibuat dengan animasi sehingga, membantu siswa dalam memahami konsep baru. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian tentang pengaruh pembelajaran model discovery berbantuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pembelajaran model discovery berbatuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas IV di SDN Gebang 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan quasi experimental design dengan pola penelitian non-equivalent control groub design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gebang 3. Hasil dalam penelitian ini rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 48,36, setelah diberikan treatment rerata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,65. Perbedaan nilai kelas sebesar 28,30. Rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu nilai pretest sebesar 50,86 dan nilai posttest adalah 68,18 sehingga perbedaannya yaitu sebesar17,32. Pada uji normalitas dengan mengunakan SPSS 25 berdasarkan uji Kolmogoroc-Smirnov dan Shapiro-Wilk nilai sig pada kedua uji lebih dari 0,05, artinya kedua kelas memiliki sebaran data yang normal. Kemudian dilakukan t test dengan membandingkan ttabel dan thitung Berdasarkan hasil analisis t-test didapatkan nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni thitung adalah 4,715 sebaliknya ttabel 1,674 atau thitung > ttabel. Analisis hipotesis dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan penggunan model discovey learning berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif Tema Indahnya Keberagaman Dinegeriku Sub tema 2 Pembelajaran 1 kelas IV di SDN Gebang 3. Pada perhitungan uji efektifitas relatif. Perhitungan nilai ER (efektifitas relatif) mendapatkan nilai 48%. Nilai tersebut kemudian dikonsultasikan pada tabel kreteria penafsiran uji keefektifan relatif instrumen yang masuk pada kreteria keefektifan sedang. Adapun saran berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, guru sebaikan memanfaatkan dengan maksimalkan fasilitas yang disediakan sekolah untuk menunjang pembelajaran sehingga informasi yang diberikan dapat dipahami siswa dengan mudah dan pembelajaran lebih bermakna. Serta guru diharapkan dapat mengasah kemampuan mengendalikan kelas dan mampu memusatkan konsentrasi siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111356
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository