Show simple item record

dc.contributor.authorNATALIA, Dian
dc.date.accessioned2023-01-03T04:15:00Z
dc.date.available2023-01-03T04:15:00Z
dc.date.issued2022-10-18
dc.identifier.nim180210204260en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111356
dc.description.abstractModel discovery learning merupakan model pembelajaran melibatkan siswa secara maksimal bertujuan untuk mencari dan menemukan sesuatu secara sistematis, logis, kritis, analitis sehingga siswa dapat merumuskan sendiri pengetahuan yang ditemukan dengan percaya diri. Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku terdapat muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Pada muaran IPA membahas tentang gaya listrik dengan beberapa konsep abstarak seperti, elektron dan proton yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, maka di perlukan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan. Media tersebut adalah simulasi PhET. Simulasi PhET dibuat dengan animasi sehingga, membantu siswa dalam memahami konsep baru. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian tentang pengaruh pembelajaran model discovery berbantuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pembelajaran model discovery berbatuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas IV di SDN Gebang 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan quasi experimental design dengan pola penelitian non-equivalent control groub design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gebang 3. Hasil dalam penelitian ini rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 48,36, setelah diberikan treatment rerata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,65. Perbedaan nilai kelas sebesar 28,30. Rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu nilai pretest sebesar 50,86 dan nilai posttest adalah 68,18 sehingga perbedaannya yaitu sebesar17,32. Pada uji normalitas dengan mengunakan SPSS 25 berdasarkan uji Kolmogoroc-Smirnov dan Shapiro-Wilk nilai sig pada kedua uji lebih dari 0,05, artinya kedua kelas memiliki sebaran data yang normal. Kemudian dilakukan t test dengan membandingkan ttabel dan thitung Berdasarkan hasil analisis t-test didapatkan nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni thitung adalah 4,715 sebaliknya ttabel 1,674 atau thitung > ttabel. Analisis hipotesis dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan penggunan model discovey learning berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif Tema Indahnya Keberagaman Dinegeriku Sub tema 2 Pembelajaran 1 kelas IV di SDN Gebang 3. Pada perhitungan uji efektifitas relatif. Perhitungan nilai ER (efektifitas relatif) mendapatkan nilai 48%. Nilai tersebut kemudian dikonsultasikan pada tabel kreteria penafsiran uji keefektifan relatif instrumen yang masuk pada kreteria keefektifan sedang. Adapun saran berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, guru sebaikan memanfaatkan dengan maksimalkan fasilitas yang disediakan sekolah untuk menunjang pembelajaran sehingga informasi yang diberikan dapat dipahami siswa dengan mudah dan pembelajaran lebih bermakna. Serta guru diharapkan dapat mengasah kemampuan mengendalikan kelas dan mampu memusatkan konsentrasi siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Nuriman, Ph.D. Dosen Pembimbing Anggota : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL DISCOVERYen_US
dc.subjectMEDIA SIMULASI PhETen_US
dc.subjectBELAJAR RANAH KOGNITIFen_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Model Discovery Berbantuan Media Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas IV SDN Gebang 3en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Agustiningsih, S.PD., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-19 Desember 2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record