• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Melalui Islamic Social Reporting (Studi pada Perusahaan Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

    Thumbnail
    View/Open
    Alya Rahma Iksani Alfi - 180810102036.pdf (1.935Mb)
    Date
    2022-11-22
    Author
    ALFI, Alya Rahma Iksani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tahun 2019 dunia dikejutkan dengan adanya kemunculan virus yang disebut dengan covid-19. Pada awalnya pandemi ini tidak memberika pengaruh yang berarti bagi harga di pasar saham. Namun seiring waktu yang berlalu serta terkonfirmasinya banyak bidang yang terdampak membuat pasar saham bereaksi negatif. Ketika pandemi sedang ramai menjadi pembicaraan banyak orang, harga saham di Bursa Efek mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan sebagian dari pemilik saham akan menjual saham-sahamnya karena memiliki rasa kekhawatiran terjadi adanya penurunan harga saham. Bahkan terdapat juga kemungkinan buy back pada saham yang dilakukan oleh emiten. Namun, investor lainnya melakukan hal sebaliknya yaitu gencar untuk meningkatkan beberapa jumlah kepemilikan saham mereka dengan asumsi bahwasannya harga pada saham di Bursa Efek akan mengalami peningkatan harga di masa setelah pandemi. Sebagai investor yang diperlukan tidak hanya dengan kecukupan modal, investor harus melakukan beberapa analisa terlebih dahulu dalam bentuk fundamental maupun teknikal. Analisis fundamental dapat dilakukan dengan melihat laporan keuangan yang diproksikan dengan melihat bagaimana nilai perusahaan. Sedangkan factor-faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan adalah profitabilitas dan ukuran perusahaan. Dengan adanya beberapa penelitian terdahulu yang menjadi rujukan penelitian, masih terjadi gap research yang menyebabkan ketidaksamaan hasil penelitian, sehingga peneliti menambahkan satu variabel Islamic social reporting sebagai variabel intervening. Stakeholder teori menyatakan perusahaan besar mempunyai banyak informasi stakeholder lebih baik dan lebih terlihat dalam pengungkapan pelaporan berkelanjutan untuk menanggapi kebutuhan informasi dari stakeholder. Teori ini menyatakan bahwasannya perusahaan bukan merupakan sebuah entitas yang berjalan demi kepentingan perusahaan, namun disisi lain harus dapat membawa manfaat pada seluruh stakeholder (pemangku kepentingan, konsumen, kreditor, supplier, pemerintah, analis, masyarakat dan beberapa pihak lainnya). Stakeholder berhak untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang aktivitas perusahaan. Suatu perusahaan tidak hanya melakukan tanggung jawab kepada pemilik (stakeholder), namun berkembang menjadi sesuatu yang lebih luas yaitu pada arah social masyarakat (stakeholder) yang disebut dengan tanggung jawab sosial atau social responsibility dan lebih diketahui sebagai corporate social responsibility. Selain stakeholder teori, terdapat teori sinyal yang sesuai dengan penelitian ini. Dalam merumuskan teori sinyal, Spence (1973) menganalisis mengenai hal apa saja yang disampaikan oleh sinyal perusahaan dalam pasar yang dihubungkan dengan indikator-indikator ekonomi. Indikator ekonomi ini nantinya akan dijadikan model dari adanya fungsi sinyal. Penelitian yang dilakukan oleh Spence membahas tentang kemampuan manajer ketika kekurangan kualitas informasi dari investor. Investor yang telah mendapat sinyal tentang kualitas kinerja perusahaan, diharapkan akan dapat mengurangi adanya kemungkinan asimetri informasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan tujuan mendiskripsikan posisi variabel serta meneliti bagaimana pengaruh dari satu posisi variabel terhadap variabel lain. Data yang digunakan adalah jenis data sekunder laporan keuangan perusahaan Jakarta Islamic Index diambil dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan beberapa kriteria yang peneliti tetapkan dan diperoleh perusahaan yang konsisten dengan jumlah 15 perusahaan, dengan penghitungan tahun mulai dari 2018 sampai dengan 2021, maka jumlah pengamatan adalah 60 pengamatan. Dalam penelitian ini terdapat 4 variabel yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan, Islamic social reporting, dan nilai perusahaan dengan masing-masing indikator menggunakan 1 indikator. Jumlah hipotesis yang diajukan adalah sebanyak 6 hipotesis. Pengujian data dan hipotesis penelitian menggunakan analisis jalur yang dihitung menggunakan smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang dibuktikan dengan t-statistik sebesar 3,196 yang artinya nilainya berada diatas 1,65 menunjukkan hubungan yang signifikan dan memiliki nilai p-values sebesar 0,001<0,05. Ukuran perusahaan tidak menunjukkan adanya pengaruh terhadap nilai perusahaan yang dibuktikan dengan t-statistik sebesar 0,896 yang artinya nilainya dibawah 1,65 menunjukkan hubungan yang tidak signifikan dan memiliki nilai p-values sebesar 0,370>0,05. Profitabilitas menunjukkan pengaruh namun tidak signifikan terhadap Islamic social reporting yang dibuktikan dengan t-statistik sebesar 1,520 yang artinya nilainya dibawah 1,65 menunjukkan tidak signifikan dan memiliki nilai p-values sebesar 0,129>0,05. Ukuran perusahaan menunjukkan pengaruh namun tidak signifikan terhadap Islamic social reporting yang dibuktikan dengan t-statistik sebesar 0,718 yang artinya nilainya dibawah 1,65 menunjukkan hubungan yang tidak signifikan dan memiliki nilai p-values sebesar 0,473>0,05. Islamic social reporting tidak menunjukkan adanya pengaruh terhadap nilai perusahaan yang dibuktikan dengan t-statistik sebesar 0,090 yang artinya nilainya dibawah 1,65 menunjukkan hubungan yang tidak signifikan dan memiliki nilai p-values sebesar 0,928>0,05. Islamic social reporting sebagai variabel intervening tidak menunjukkan adanya hubungan mediasi diantara profitabilitas, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yang dibuktikan dengan nilai t-statistik sebesar 0,078 di mana nilai ini berada dibawah 1,66 sehingga dapat disimpulkan memiliki hubungan yang tidak signifikan & nilai t-statistik sebesar 0,052 di mana nilai ini berada dibawah 1,66 sehingga dapat disimpulkan memiliki hubungan yang tidak signifikan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111344
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12478]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository