Perbandingan Image RGB dan Grayscale pada Pengkodean Image dengan Algoritma 3D Playfair
Date
2021Author
ABDIANSYAH, Farokhi
SANTOSO, Kiswara Agung
KAMSYAKAWUNI, Ahmad
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan informasi memudahkan manusia dalam proses pengiriman data. Bentuk data yang dikirim salah satunya dapat berupa image yang berformat hitam putih, RGB, atau grayscale. Proses pengiriman image terkadang terjadi suatu kesalahan, salah satunya disebabkan oleh adanya rekayasa image atau penyebaran image secara tidak sah atau ilegal dapat merugikan pemilik atau suatu lembaga, maka perlu mengamankan image pengirim dari pengguna yang tidak sah atau ilegal agar image yang dikirim dapat tersampaikan dengan aman. Cara untuk mengamankan image dapat menggunakan teknik kriptografi, salah satunya yaitu Algoritma 3D Playfair. Algoritma 3D Playfair pada umumnya digunakan untuk mengkodekan teks, namun algoritma ini dapat pula digunakan untuk mengkodekan image. Artikel ini membicarakan tentang peningkatan keamanan pada pengamanan image menggunakan Algoritma 3D Playfair. Kunci yang digunakan pada penelitian ini menggunakan empat tabel berukuran 8 × 8 yang mendukung nilai pixel (0-255) kemudian dijadikan acuan untuk proses enkripsi dan dekripsi. Secara visual proses enkripsi image RGB dan image grayscale menggunakan Algoritma 3D Playfair menghasilkan image yang terlihat acak atau sulit diinterpretasikan. Proses dekripsi berhasil mengembalikan cipherimage seperti image aslinya. Selain itu penulis juga membandingkan hasil pengkodean menggunakan 3D Playfair pada image RGB dan image grayscale.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]