ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DAGING SAPI DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN KABUPATEN JEMBER
Abstract
Konsumsi masyarakat di Kabupaten Jember terhadap daging sangat tinggi
apabila dibandingkan dengan tingkat konsumsi hasil peternakan lainnya yaitu
susu dan telur. Salah satu daging merah yang banyak dikonsumsi di Kabupaten
Jember adalah daging sapi. Konsumen biasanya memperoleh daging sapi dengan
cara membelinya di pasar tradisional dan pasar modern. Adanya fenomena
munculnya pasar-pasar modern di Kabupaten Jember membuat konsumen
memiliki banyak pilihan tempat dalam pembelian daging. Kedua kondisi pasar
yang berbeda mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk lebih memilih
membeli daging sapi di salah satu jenis pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian daging sapi di
pasar tradisional dan Modern kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif, metode korelasional, dan metode
komparatif. Metode pengambilan contoh dilakukan secara Convenience sampling
dan proporsional stratified random. Data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Jember adalah
faktor keamanan mengkonsumsi dan kualitas, faktor informasi, faktor harga dan
motivasi, faktor substitusi, faktor motivasi gizi, faktor jumlah pembelian, dan
faktor lokasi. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian daging
sapi di pasar modern Kabupaten Jember adalah faktor keamanan mengkonsumsi
dan kualitas, faktor substitusi, faktor harga dan pendapatan, faktor selera, faktor
informasi, faktor pendidikan, faktor lokasi.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]