Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SDN Dabasah 04 Bondowoso
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya pengaruh model pembelajaran problem 
based learning terhadap hasil belajar peserta didik tema 8 subtema 1 kelas IV SDN Dabasah 04 Bondowoso. Jenis 
penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment
dengan pola Non-Equivalent Control Group. Subjek penelitian yang digunakan yaitu peserta didik 
kelas IV SDN Dabasah 04 Bondowoso, dengan jumlah 50 peserta didik. Metode pengumpulan data 
menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian uji-t menunjukkan nilai 
thitung ≥ ttabel yaitu 3,042 ≥ 2,021, sehingga Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Perhitungan uji 
keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui efektifitas dari pengaruh model problem based learning
terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 27,05%