KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK MITRA BEASISWA PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 CABANG GRESIK
Abstract
AJB Bumiputera 1912 cabang Gresik merupakan perusahaan yang bergerak di
bidang pelayanan jasa asuransi. Perusahaan ini tidak berbentuk PT (Perseroan
Terbatas) atau koperasi, tetapi berbentuk mutual atau usaha bersama, yakni pemilik
dari perusahaan adalah para pemegang polis dan bukan pemegang saham. Oleh
karena itu dibutuhkan komunikasi yang baik dan benar dalam melaksanakan tugasnya
baik di internal maupun eksternal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dan mengetahui komunikasi pemasaran produk mitra beasiswa pada
AJB Bumiputera 1912 cabang Gresik. Penelitian ini dilakukan di AJB Bumiputera
1912 Cabang Gresik dengan metode penelitian deskriptif kualitatif mengenai
komunikasi pemasaran produk mitra beasiswa. Kesimpulan penelitian ini diambil
secara induktif, yakni berangkat dari hal-hal yang bersifat khusus kemudian mengacu
pada hal-hal yang bersifat umum. Deskripsi penelitian ini menjelaskan tentang
komunikasi pemasaran produk mitra beasiswa pada perusahaan AJB Bumiputera
1912 Cabang Gresik untuk dapat meningkatkan jumlah nasabah dalam berasuransi
mitra beasiswa untuk pendidikan buah hati mereka. Penelitian ini menggunakan
analisis domain dan taksonomi. Kemudian keabsahannya melalui teknik
perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, serta triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang dijalankan
dengan baik dan efektif. Komponen komunikasi yang meliputi pengirim, pesan,
media pemasaran, penerima, efek, umpan balik dan lingkungan terjadi di internal
maupun external. Komunikasi pemasaran berperan dalam peningkatan jumlah nasabah, baik melalui periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan
masyarakat, dan pemasaran langsung. Komunikasi pemasaran berperan dalam
peningkatan jumlah nasabah. terbukti dari peningkatan jumlah nasabah pada tahun
2008 hingga 2010. Komunikasi pemasaran ini berdampak terhadap pencapaian target
yang diinginkan perusahaan serta kepuasan pelanggan dapat terpenuhi. Oleh karena
itu, komunikasi komunikasi pemasaran produk mitra beasiswa dapat terlaksana
dengan baik sesuai dengan keadaan masyarakat Gresik.