Manajemen Strategis, Suatu Tinjauan dan Strategi Menuju Keberlanjutan Daya Saing
Date
2022-10-01Author
ALBUSHAIRI, Siti Aliyati
BACHRI, Ahmad Alim
SULARSO, Raden Andi
HUDA, Nuril
Metadata
Show full item recordAbstract
Pelaku bisnis sering kali beroperasi dengan menerapkan strategi
bisnis. Jenis industri yang belum banyak menerapkan strategi bisnis,
seperti industri kecil dan menengah (IKM), creative industry dan
sebagainya. Pemimpin strategis di industri itu sering kali menganggap
bahwa tidak ada masalah terkait dengan strategi bisnis dalam organisasi.
Pandangan ini tentunya dalam jangka pendek. Namun bila terjadi
globalisasi ditambah lagi sekarang ini sudah masuk ke era industri 5.0,
maka bagi organisasi (terutama organisasi bisnis/perusahaan) strategi
bisnis penting menjadi pusat perhatian.
MANAJEMEN STRATEGIS
BAB 1
2
Manajemen Strategis
Memasuki era industri 5.0 persaingan semakin kompetitif
tampaknya perhatian terhadap konsumen saja tidaklah cukup. Pelaku
bisnis lainnya yang mempunyai andil dalam pembentukan kinerja
perusahaan, seperti perantara dan pesaing juga tidak dapat diabaikan.
Lingkungan internal dan eksternal merupakan dua faktor yang
memengaruhi kinerja. Untuk faktor yang dapat diawasi perusahaan
atau internal seperti harga jual, komisi, potongan penjualan, biaya-biaya
variabel, dan biaya-biaya pemasaran. Sedangkan untuk faktor yang
tidak dapat diawasi atau eksternal seperti besarnya permintaan pasar,
persaingan, pendapatan masyarakat dan lain-lain.
Collections
- LSP-Books [902]