Ragam Tindak Ilokusi Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Daring (Indonesian Language Teacher Illocutionarry in Online Learning)
Abstract
Tindak tutur ilokusi yang muncul pada saat pembelajaran daring sangat
dimungkinkan beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan
ragam tidak tutur ilokusi yang ada dalam tuturan guru pada saat pembelajaran daring sedang
berlangsung. Sumber data penelitian ialah video pembelajaran daring guru Bahasa Indonesia di
SMAN Arjasa dengan menggunakan aplikasi Zoom. Kajian ini menjadikan tuturan guru Bahasa
Indonesia yang diindikasikan mengandung tindak ilokusi di dalamnya sebagai data. Penelitian
dilakukan dengan rancangan penelitian kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif
interpretatif. Pendekatan yang diterapkan dalam rangka analisis data ialah pendekatan
pragmatik. Proses pengumpulan dilakukan dengan melakukan perekaman pada saat guru
melakukan pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom. Kemudian, rekaman tersebut disimak
dan dicatat guna mendapatkan data yang sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa guru menggunakan tindak tutur ilokusi pada
tiap-tiap bagian dalam proses pembelajaran, yaitu pada bagian pembukaan dan apersepsi,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada tiap bagian tersebut, muncul berbagai tindak ilokusi
baik tindak ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, maupun deklaratif. Ragam tindak tutur
yang ditemukan tersebut diharapkan mampu menjadi bahan pengayaan bagi guru semua mata
pelajaran pada umumnya dan lebih khusus mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]