Peningkatan Pemahaman Membaca Siswa Kelas X Agrebisnis Ternak Ruminansia (ATR) 1 dengan Menggunakan Teknik One Minute Peper di Smkn 1 Suko Rambi Jember
Abstract
Membaca adalah proses alami dalam menghubungkan m dalam membaca bahasa tulis, pembaca
dapat menganalisis kata, kalimat, atau paragraf antara pemerolehan dan bahasa tertulis. ketika
seseorang membaca teks, dia terlibat dalam sebuah kompleks serangkaian proses kognitif. Pembaca
secara bersamaan menggunakan kesadarannya dan pemahaman fonem (potongan suara individu
dalam bahasa), phonics (hubungan antara huruf dan suara dan hubungan antara suara, huruf dan
kata-kata) dan kemampuan untuk memahami atau membangun makna dari teks. Tujuan paper ini
adalah untuk mengetahui penggunaan teknik One Minute Paper dalam peningkatkan pemahaman
membaca, dan prestasi siswa kelas X Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) 1 di SMKN 1
Sukorambi Jember. Selain itu, Tujuan pendelitian ini untuk mengetahui penggunaan teknik One
Minute Paper dapat meningkatkan partisipasi aktif pada siswa kelas X Agribisnis Ternak
Ruminansia (ATR) 1 dalam membaca kelas di SMKN 1 Sukorambi Jember. Metode penelitian ini
menggunakan metode kualitatif jenis PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, test, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar siswa
pada siklus I adalah 67,03. Hasil siklus ke 2 menunjukkan rata-rata skor tes hasil belajar siswa pada
siklus II adalah 75,7. Artinya skor tersebut dikategorikan baik. Sudah mencapai target persyaratan
skor rata-rata dalam penelitian tindakan kelas Kemudian. Hasil observasi pada Siklus 1 sebesar
72,7% dari seluruh siswa dan semua siswa (100%). Pada siklus 2, empat indikator dikerjakan oleh
65% dari total siswa, sehingga telah berhasil memenuhi kriteria yaitu 65% dari total siswa
melakukan minimal empat indikator yang diamati.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]