Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Keterlambatan Perkembangan Bicara dan Bahasa Pada Anak Usia 3-6 Tahun di TK Kaliuling Lumajang
Abstract
Tumbuh kembang merupakan suatu proses berkelanjutan, pada masa tumbuh
kembang yakni saat bayi berada dalam kandungan hingga beberapa tahun pertama
lahirnya seorang, di masa ini anak mengalami masa keemasan yang merupakan
masa dimana anak mulai peka/sensitif menerima berbagai rangsangan. oleh
karena itu orang tua hendaknya bersungguh-sungguh memanfaatkan kesempatan
ini tapi sayangnya saat ini orang tua sering memberikan gadget sebagai salah satu
jalan pintas bagi pengasuh untuk menemani mereka tanpa disadari akan
berpengaruh terhadapa perkembangan anak termasuk di dalamnya perkembangan
bicara.
Tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini untuk menganalisis hubungan
intensitas penggunaan gadget dengan keterlambatan perkembangan bicara dan
bahasa Desain penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan Rancangan obsevasional analitik yang menganalisis
hubungan antara dua variabel dengan menggunakan metode cross sectional.
Jumlah sampel sebanyak 40 responden dengan rentan usia 3-6 tahun.
Hasil uji statistik yang menggunakan Uji Kendalĺs tau-b dari penelitian di
dapatkan nilai p= 0.588 di mana artinya nilai p > 0.05 yang artinya tidak ada
hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget terhadap
keterlambatan perkembangan bicara dan bahasa. Dapat di simppulkan bahwa
perkembangan bcara dan bahasa tidak hanya di pengaruhi oleh gadget,
penggunaan gadget yg baik serta dengan pengawasan orang tua akan berdampak
positif terhadap perkembangan anak.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1530]