• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING DENGAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    AKHMAD FAUZUL ALBAB - 08210102032 (2)_1.pdf (316.8Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Akhmad Fauzul Albab
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan dalam belajar fisika ialah hendaknya konsep dan prinsip- prinsip fakta tidak diterima secara prosedural tanpa pemahaman dan penalaran. Pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari otak seseorang (guru) ke kepala orang lain (siswa). Siswa sendirilah yang harus mengartikan apa yang telah diajarkan dengan menyesuaikan terhadap pengalaman-pengalaman mereka. Pengetahuan atau pengertian dibentuk oleh siswa secara aktif, bukan hanya diterima secara pasif dari guru mereka. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Guru dituntut untuk pandai memilih dan menerapkan strategi yang tepat untuk menciptakan kegiatan belajar yang bermakna. Salah satu cara pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah pendekatan Accelerated Learning dengan metode Whole Brain Teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan pendekatan Accelerated Learning dengan metode Whole Brain Teaching dengan model konvensional di SMP, dan (2) mengkaji aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning dengan metode Whole Brain Teaching dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni (True Experiment), dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai dan nilai 1,922 = 1,7205 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 74,665 % dan termasuk pada kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) hasil belajar fisika menggunakan pendekatan Accelerated Learning dengan metode Whole Brain Teaching lebih baik dibandingkan dengan model konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jember tahun ajaran 2011/2012, dan (2) Aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jember tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Accelerated Learning dengan metode Whole Brain Teaching termasuk dalam kategori aktif yaitu sebesar 74,665%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11041
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository