Content Stilistics On Indonesian Youtuber Vlog
Abstract
YouTube sebagai situs berbagi video menjadi platform baru dalam menghasilkan konten audio visual. Kondisi ini menghasilkan peluang tidak hanya baik bagi kalangan selebritis maupun korporasi (media televisi), namun juga masyarakat umum dalam menghasilkan konten dan menjadi YouTuber. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana stilistik konten vlog YouTubers di Indonesia. Form dan style sebagai unsur pembentuk menjadi informasi data dalam mengidentifikasi stilistik yang dihasilkan. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan pendekatan subjektif. Analisis interpretasi dilakukan berdasarkan hasil data untuk mendeskripsikan ke dalam bentuk kata-kata mengenai unsur form dan style konten vlog 10 channel YouTubers Indonesia dengan subscriber terbanyak pada tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa form dan style konten vlog YouTubers Indonesia menghasilkan stilistik yang dapat berkomunikasi secara informal dengan penonton, otentik, dinamis dan spontan, serta khas. Stilistik tersebut akhirnya dapat membangun kedekatan dan melibatkan penonton ke dalam konten yang disampaikan.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]