Analisis Pengaruh Kesadaran Merek Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstick Matte pada Mahasiswi Universitas Jember
Abstract
Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih disegala
aspek termasuk informasi, membuat konsumen dapat menerima informasi dari
produk-produk kosmetik yang mereka coba, karena pada dasarnya konsumen
cenderung untuk selalu mencoba hal-hal baru. Fenomena ini dapat dilihat dari
kondisi persaingan yang terjadi pada produk Lipstick Matte di Indonesia.
Sekarang ini di Indonesia terdapat beberapa produk Lipstick Matte yang beredar
sehingga menyulitkan konsumen dalam memilih dari berbagai macam produk
yang tersedia dipasar. Beberapa produk Lipstick Matte tersebut diantaranya yaitu
Purbasari, Wardah, Sariayu, Emina, Mustika Ratu dan lain-lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Kesadaran Merek
terhadap keputusan pembelian. (2) Citra Merek terhadap keputusan pembelian. (3)
Harga terhadap keputusan pembelian. (4) Kualitas produk terhadap keputusan
pembelian. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data Primer. Data
primer diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online. Penelitian ini
menggunakan teknik pengambilan sampel sesuai dengan persyaratan sampel yang
diperlukan, dalam hal ini kriteria pengambilan sampel pada penelitian ini adalah
mahasiswi Universitas Jember pengguna Lipstick Matte, jumlah sampel yang
digunakan berdasarkan kriteria peneliti adalah 105 orang. Metode Analisis yang
digunakan adalah Analisis regresi linear berganda dengan dummy variabel yang
bertujuan untuk mengetahui apakah kesadaran merek, citra merek, harga dan
kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap Lipstick
Matte.
Hasil pengujian dan analisis data yang dilakukan dengan bantuan software
SPSS v.24 menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek dan citra merek tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Lipstick Matte pada
mahasiswi Universitas Jember. Sedangkan variabel harga dan kualitas produk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Lipstick Matte pada
mahasiswi Universitas Jember.