Penentuan Bentuk Frame Landasan Penumpang Kapsul Tsunami Berdasarkan Hasil Tegangan dan Regangan menggunakan Diskritisasi Oktahedral
Date
2019-10-10Author
RAMADHAN, Mochamad Edoward
DJATISOEKAMTO, Gaguk
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian prototip kapsul keselamatan, berawal dari bencana alam tsunami yang melanda
Indonesia sebagai negara kepulauan. Selain itu Amerika Serikat, Jepang dan china telah melakukan
pembuatan kapsul tsunami yang berhasil di HAK paten dengan kode US4297757 (Amerika)
berbentuk bola dan di China ada sekitar 5 buah bentuk yang telah dibuat CN102267549B(bentuk
jamur); CN203698627U (bentuk mangkok); CN204750532U (bentuk bungker); CN204916125U
(bentuk kapsul silinder); CN208198781U(bentuk bulat telur). Setelah melakukan pengkajian paten
maupun prototype yang sudah ada, peneliti membuat bentuk prototype berbentuk bola dengan
diameter 2 meter. Bahan menggunakan Stainless steel diameter luar 25.4mm dan diameter dalam
23.9mm. Simulasi mengunakan diskritasi octahedral dengan mesh menyesuaikan dengan struktur.
Beban menggunakan Tekanan di area permukaan luar, beban orang sebanyak 4 dengan berat
masing-masing 60kg, dan untuk constrain tetap pada bagian dalam geometri bola. Tujuan simulasi
adalah meprediksi letak area kritis yang mengalami tegangan dan regangan terbesar. Setelah itu
dilakukan pemilihan konsep sebanyak 10 untuk penambahan penguat pada bagian area yang
mengalami titik kritis. Konsep 3 dan Konsep 6 memiliki regangan sebesar 0.00725mm, sedangkan
Konsep 6 memiliki tegangan principal lebih kecil dibanding konsep 3 yaitu 3.05x106N/m dengan
estimasi error lokal 2.13 x 10-6Joule. Sehingga Konsep 6 ditetapkan akan dipakai sebagai penguat
dari prototype kapsul keselamatan tsunami.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]