Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Bekas Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Weight Product
Abstract
Mobil bekas, kendaraan bekas, atau mobil bekas, adalah kendaraan yang
sebelumnya memiliki satu atau lebih pemilik ritel. Mobil bekas dijual melalui
berbagai outlet, termasuk waralaba dan dealer mobil independen, perusahaan rental
mobil, beli di sini bayar dealer, kantor leasing, lelang, dan penjualan pihak swasta.
Saat ingin membeli kendaraan roda empat, pasti banyak aspek yang harus
dipertimbangkan. Salah satunya yang pertama kali muncul adalah ingin membeli
mobil bekas yang berkualitas. Tentunya jika kita teliti dalam memilih pastinya akan
mendapat unit yang baik dan “fresh”. Tapi apadaya kadang kala kita sudah teliti
namun masih saja mendapat unit yang bisa dibilang kurang baik, sebenarnya hal
seperti ini terdengar biasa karena tidak semua orang akan menjual mobilnya dalam
keadaan bagus. Maka dari itu dibuat sistem pendukung pengambilan keputusan
pembelian mobil bekas berbasis web agar orang yang awam masalah otomotif dan
bahkan pihak showroom sekalipun akan dipermudah untuk mendapatkan mobil
bekas yang berkualitas, dan juga dengan adanya sistem ini akan mempercepat
proses pemilihan dan pembelian dari yang semula manual menjadi otomatis.
Artikel Ilmiah berjudul Penerapan Metode Weighted Product dalam Sistem
Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop berbasis Web (Syafitri, 2016)
menjelaskan bahwa pada hakekatnya metode Weigthted Product adalah metode
penyelesaian dengan menggunakan perkalian untuk menghubungkan nilai atribut,
dimana nilai harus dipangkatkan terlebih dahulu dengan bobot atribut yang
bersangkutan. Metode Weight Product merupakan bagian dari konsep Multi Attribut Decision Making (MADM) dimana diperlukan normalisasi pada
perhitungannya. Sistem ini membutuhkan masukan nilai bobot berdasarkan
kebutuhan kepentingan calon buyer berupa riwayat service, interior dan aksesoris, bodi kendaraan, kondisi mesin, dan odometer. Maka dari itu pada penelitian ini
akan dilakukan pembuatan sistem pendukung pengambilan keputusan pembelian
mobil bekas agar pihak survey showroom dapat menentukan mobil bekas terbaik
mana yang akan dibeli.
Tujuan yang ingin dicapai adalah membangun aplikasi Sistem Pendukung
Pengambilan Keputusan yang berfungsi sebagai alat bantu pengambilan keputusan
bagi divisi survey PT. Maradona Baru Mobil untuk menentukan manakah yang
layak diambil sebagai kandidat calon mobil bekas PT. Mardona Baru Mobil dengan
menggunakan metode Weight Product, serta untuk menghindari kesalahan dalam
pemilihan dan pembelian mobil yang berakibat meruginya showroom jika tidak
menggunakan aplikasi pengambilan keputusan. Sehingga, sistem pendukung
keputusan ini dapat membantu dan memberikan solusi kepada tim survey showroom
untuk menentukan pembelian mobil bekas dalam perhitungan dengan metode
Weighted Product berbasis web, Sehingga sistem pendukung keputusan ini dapat
memberikan data dalam menentukan pemilihan mobil bekas dengan baik secara
lengkap dan dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam pembelian.
Hasil penelitian ini berupa sistem berbasis web dan terdapat dua aktor utama
yaitu pihak owner dan pihak karyawan. Sistem dapat di akses oleh pihak karyawan
maupun pihak owner dari showroom, menggunakan form login bertingkat yaitu
login berdasarkan username dan password untuk menuju halaman beranda. Aktor
dalam melakukan perhitungan adalah karyawan lalu untuk hasil rekomendasi yang
telah dilakukan oleh pihak karyawan akan dikirim kepada owner untuk diseleksi dan
disetujui.