• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Literasi Sains

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Dewi.pdf (1.561Mb)
    Date
    2022-03-17
    Author
    FITRIANI, Dewi Kurnia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia telah memasuki abad revolusi 4.0 yang lebih dikenal dengan abad perkembangan 21 yang akan berpengaruh teknologi dan pendidikan di Indonesia dengan adanya perubahan tersebut maka pembelajaran mengalami perubahan pendekatan sehingga siswa memiliki tantangan baru seperti siswa harus berkompetensi, berkolarasi, berpikir kritis serta melek sains atau literasi sains. Kemampuan literasi sains yang dinilai oleh PISA (the programme for international student assessment) menyatakan bahwa kemampuan literasi sains di Indonesia masih tergolong rendah hasil tersebut sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru IPA di SMPN 3 Jember. Rendahnya kemampuan literasi sains dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya siswa tidak dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Peningkatan literasi sains dapat dilakukan dengan mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga guru hanya berperan sebagai fasilitator maka dibutuhkan teknologi yang berupa media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan untuk menyampaikan materi karena tidak semua materi dapat diamati secara langsung namun masih membutuhkan waktu yang lama dan sulit untuk diamati. Salah satu materinya adalah sistem tata surya. Kemudian untuk media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media interaktif berbasis Articulate Storyline. Langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pengembangkan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan software Articulate Storyline pada materi sistem tata surya untuk meningkatkan literasi sains. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop atau pengembangan. Kemudian setelah pengembangan makan media akan dilakukan uji coba produk dengan subjek uji coba adalah siswa kelas VII C SMPN 3 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas media interaktif berbasis Articulate Storyline. Data kevalidan media interaktif berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan literasi sains pada materi sistem tata surya diperoleh hasil validasi persentase sebesar 86% dan dikategorikan sangat valid dengan revisi sebelum dilakukan uji coba terbatas. Kemudian dilakukan uji coba terbatas dan diperoleh skor sebesar 85% yang dilanjutkan dengan uji coba lapangan dilakukan kepada siswa kelas VII C di SMPN 3 Jember dengan sejumlah siswa sebanyak 32 siswa yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Pada saat dilakukan uji coba lapangan diperoleh data observasi keterlaksanaan yang dilakukan oleh satu guru IPA dan dua mahasiswa. Data hasil observasi keterlaksanaan diperoleh skor persentase sebesar 100%. Pada uji efektivitas media interaktif berbasis Articulate Storyline yang dilakukan pre-test dan post—test. Data hasil efektivitas dengan dilakukan uji N-Gain sebesar 0,57 dengan kriteria sedang. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: 1) media interaktif berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan literasi sains pada materi sistem tata surya memperoleh kriteria sangat valid, 2) media interaktif berbasis Articulate Storyline dapat digunakan pada proses pembelajaran pada materi sistem tata surya dengan 4 kali pertemuan dengan persentase kepraktisan 100% dengan kategori sangat baik, 3) media interaktif berbasis Articulate Storyline efektif untuk meningkatkan literasi sains pada materi sistem tata surya dengan perolehan uji N-Gain sebesar 0,57 dengan kriteria sedang.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109812
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15277]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository