dc.contributor.author | FITRIANI, Dewi Kurnia | |
dc.date.accessioned | 2022-10-06T07:12:33Z | |
dc.date.available | 2022-10-06T07:12:33Z | |
dc.date.issued | 2022-03-17 | |
dc.identifier.nim | 180210104066 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109812 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 6 Oktober 2022 | en_US |
dc.description.abstract | Indonesia telah memasuki abad revolusi 4.0 yang lebih dikenal dengan abad perkembangan 21 yang akan berpengaruh teknologi dan pendidikan di Indonesia dengan adanya perubahan tersebut maka pembelajaran mengalami perubahan pendekatan sehingga siswa memiliki tantangan baru seperti siswa harus berkompetensi, berkolarasi, berpikir kritis serta melek sains atau literasi sains. Kemampuan literasi sains yang dinilai oleh PISA (the programme for international student assessment) menyatakan bahwa kemampuan literasi sains di Indonesia masih tergolong rendah hasil tersebut sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru IPA di SMPN 3 Jember. Rendahnya kemampuan literasi sains dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya siswa tidak dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Peningkatan literasi sains dapat dilakukan dengan mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga guru hanya berperan sebagai fasilitator maka dibutuhkan teknologi yang berupa media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan untuk menyampaikan materi karena tidak semua materi dapat diamati secara langsung namun masih membutuhkan waktu yang lama dan sulit untuk diamati. Salah satu materinya adalah sistem tata surya. Kemudian untuk media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media interaktif berbasis Articulate Storyline.
Langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pengembangkan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan software Articulate Storyline pada materi sistem tata surya untuk meningkatkan literasi sains. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop atau pengembangan. Kemudian setelah pengembangan makan media akan dilakukan uji coba produk dengan subjek uji coba adalah siswa kelas VII C SMPN 3 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas media interaktif berbasis Articulate Storyline.
Data kevalidan media interaktif berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan literasi sains pada materi sistem tata surya diperoleh hasil validasi persentase sebesar 86% dan dikategorikan sangat valid dengan revisi sebelum dilakukan uji coba terbatas. Kemudian dilakukan uji coba terbatas dan diperoleh skor sebesar 85% yang dilanjutkan dengan uji coba lapangan dilakukan kepada siswa kelas VII C di SMPN 3 Jember dengan sejumlah siswa sebanyak 32 siswa yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Pada saat dilakukan uji coba lapangan diperoleh data observasi keterlaksanaan yang dilakukan oleh satu guru IPA dan dua mahasiswa. Data hasil observasi keterlaksanaan diperoleh skor persentase sebesar 100%. Pada uji efektivitas media interaktif berbasis Articulate Storyline yang dilakukan pre-test dan post—test. Data hasil efektivitas dengan dilakukan uji N-Gain sebesar 0,57 dengan kriteria sedang.
Berdasarkan data yang diperoleh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: 1) media interaktif berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan literasi sains pada materi sistem tata surya memperoleh kriteria sangat valid, 2) media interaktif berbasis Articulate Storyline dapat digunakan pada proses pembelajaran pada materi sistem tata surya dengan 4 kali pertemuan dengan persentase kepraktisan 100% dengan kategori sangat baik, 3) media interaktif berbasis Articulate Storyline efektif untuk meningkatkan literasi sains pada materi sistem tata surya dengan perolehan uji N-Gain sebesar 0,57 dengan kriteria sedang. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Supeno, S.Pd., M.Si
Diah Wahyuni, S.Pd., M. Sc. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Articulate Storyline | en_US |
dc.subject | Literasi Sains | en_US |
dc.subject | Sistem Tata Surya | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pembelajaran IPA | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Literasi Sains | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Supeno, S.Pd., M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Diah Wahyuni, S.Pd., M. Sc | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |