dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, penentuan tempat penelitian
adalah dengan purposive sampling area, yaitu menentukan dengan sengaja tempat
penelitian dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2
Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas.
Penentuan sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling. Rancangan
penelitian menggunakan control group post-test only design. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan angket.
Analisis data menggunakan uji-t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama
sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan uji aktivitas.
Berdasarkan hasil analisis t-test dengan taraf signifikasi 5% dapat diketahui
bahwa pembelajaran kooperatif tipe konsep lirik lagu tidak memberikan pengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar fisika. Untuk nilai hasil belajar eksperimen :
kontrol = 80,91: 79,57. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen mengalami
peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua yaitu 60,97% menjadi
61,5% dan untuk kelas kontrol mengalami penurunan yaitu 61,41% menjadi 60,40%.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar antara model
pembelajaran kooperatif menggunakan konsep lirik lagu dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif menggunakan permasalahan dalam pembelajaran fisika di
SMP karena pembelajaran kooperatif menggunakan konsep lirik lagu tidak
mempengaruhi hasil belajar fisika secara signifikan, (2) Aktivitas siswa saat proses
pembelajaran kooperatif menggunakan konsep lirik lagu masuk dalam kriteria aktif
dan mengalami peningkatan saat pertemuan pertama ke pertemuan kedua. | en_US |