PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN KONSEP LIRIK LAGU DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP (Studi Eksperimen Pokok Bahasan Bunyi Kelas VIII SMPN 2 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, penentuan tempat penelitian
adalah dengan purposive sampling area, yaitu menentukan dengan sengaja tempat
penelitian dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2
Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas.
Penentuan sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling. Rancangan
penelitian menggunakan control group post-test only design. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan angket.
Analisis data menggunakan uji-t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama
sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan uji aktivitas.
Berdasarkan hasil analisis t-test dengan taraf signifikasi 5% dapat diketahui
bahwa pembelajaran kooperatif tipe konsep lirik lagu tidak memberikan pengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar fisika. Untuk nilai hasil belajar eksperimen :
kontrol = 80,91: 79,57. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen mengalami
peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua yaitu 60,97% menjadi
61,5% dan untuk kelas kontrol mengalami penurunan yaitu 61,41% menjadi 60,40%.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar antara model
pembelajaran kooperatif menggunakan konsep lirik lagu dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif menggunakan permasalahan dalam pembelajaran fisika di
SMP karena pembelajaran kooperatif menggunakan konsep lirik lagu tidak
mempengaruhi hasil belajar fisika secara signifikan, (2) Aktivitas siswa saat proses
pembelajaran kooperatif menggunakan konsep lirik lagu masuk dalam kriteria aktif
dan mengalami peningkatan saat pertemuan pertama ke pertemuan kedua.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga).
Ikhsanul Halikin (2013-12-24)Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ... -
PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ... -
Variabel-Variabel Pembelajaran: Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Taksonomi Hasil Belajar, Karakteristik Pebelajar, Strategi dan Metode Pembelajaran, Organisasi Isi Pembelajaran
Ani, Hety Mustika (2013-07-01)Character education aims to improve the quality of the implementation and outcomes of education that leads to the completed, integrated and balanced achievements of the character building and good moral values of students, ...