Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP
Date
2022-04-01Author
RIZKIKA, Maulidiya
PUTRA, Pramudya Dwi Aristya
AHMAD, Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian yaitu kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah
dalam pelajaran IPA. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut
yaitu dengan memanfaatkan bahan ajar interaktif yang bisa digunakan dengan mudah. Oleh karena itu,
peneliti mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji validitas, kepraktisan, dan keefektivan ELKPD berbasis STEM. Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan
model Plomp. Subjeknya yakni kelas VIIIF SMPN 7 Jember tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa produk E-LKPD termasuk dalam kriteria sangat valid dengan skor 96,08%. Hasil
kepraktisan E-LKPD memperoleh skor sebesar 96,39% dengan kriteria sangat praktis. Hasil keefektifan ELKPD memperoleh skor N-Gain sebesar 0,43 yang termasuk dalam kriteria sedang. Serta respon siswa
yang memperoleh skor 87,00% dengan kriteria sangat baik.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]