• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan (SIP) dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan E-KTP (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI-WIDAYATUL HIDAYAH-180910201051.pdf (2.629Mb)
    Date
    2022-06-15
    Author
    HIDAYAH, Widayatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) dalam pelayanan administrasi kependudukan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Efektivitas merupakan suatu cara untuk mengetahui sejauh mana pelayanan yang dilaksanakan dapat mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) adalah sistem informasi yang dibangun oleh Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember sejak 2018 yang dapat diakses secara online menggunakan website dan aplikasi android. Tujuannya untuk memberikan pelayanan lebih cepat, minim biaya, prosedur layanan tidak berbelit-belit, mengurangi antrian, aman, menciptakan instansi yang go digital, dan menciptakan GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) dengan memfokuskan masyarakat yang jujur. Daya tarik penelitian ini adalah pengguna aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) yang mengajukan permohonan E-KTP mulai dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2021 selalu mengalami kenaikan, dan aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) menjadikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember mencapai target penyelesaian KTP yang ditentukan oleh pusat dimana target KTP dari pusat sebesar 95%, dan Dispendukcapil telah melebihi target yaitu mencapai sebesar 100.45%, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember telah memperoleh prestasi juara 2 secara Nasional dalam kategori “DUKCAPIL BISA” 2020 dengan jumlah penduduk besar. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) tidak lepas dari berbagai macam permasalahan dan masih terdapat kekurangan ataupun dinilai kurang efektif oleh beberapa pihak. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana tingkat efektivitas aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) dalam pelayanan administrasi kependudukan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember?”. Penelitian ini menggunakan konsep efektivitas dan indikator-indikator efektivitas menurut Duncan (dalam Steers, 2012:53) yang terdiri dari 3 aspek yaitu pencapaian tujuan yang dipandang sebagai puncak dari keseluruhan usaha suatu program dalam hal ini pelayanan publik dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, integrasi yang dipandang sebagai alat ukur untuk mengukur tingkat kemampuan organisasi dalam melakukan kegiatan atau program sekaligus kemampuan dalam mengadakan sosialisasi, dan adaptasi yang dipandang sebagai kemampuan organisasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat deskriptif yang membutuhkan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket (kuesioner), observasi, wawancara dan dokumentasi. Perhitungan validitas yang digunakan ialah validitas konstruk dan pengujian reliabilitas alpha cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan uji statistik dan kelas interval untuk menentukan tingkat efektivitas yang diraih oleh aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) dalam pelayanan administrasi kependudukan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Hasil penelitian ini adalah efektivitas aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) dalam pelayanan administrasi kependudukan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember berada pada tingkatan cukup efektif. Berdasarkan hal tersebut penilaian yang dikumpulkan dari responden memberikan indikasi masyarakat kurang puas dengan aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109328
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5609]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository