Show simple item record

dc.contributor.authorHIDAYAH, Widayatul
dc.date.accessioned2022-09-08T12:31:03Z
dc.date.available2022-09-08T12:31:03Z
dc.date.issued2022-06-15
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109328
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik tgl 8 September 2022en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) dalam pelayanan administrasi kependudukan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Efektivitas merupakan suatu cara untuk mengetahui sejauh mana pelayanan yang dilaksanakan dapat mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) adalah sistem informasi yang dibangun oleh Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember sejak 2018 yang dapat diakses secara online menggunakan website dan aplikasi android. Tujuannya untuk memberikan pelayanan lebih cepat, minim biaya, prosedur layanan tidak berbelit-belit, mengurangi antrian, aman, menciptakan instansi yang go digital, dan menciptakan GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) dengan memfokuskan masyarakat yang jujur. Daya tarik penelitian ini adalah pengguna aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) yang mengajukan permohonan E-KTP mulai dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2021 selalu mengalami kenaikan, dan aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) menjadikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember mencapai target penyelesaian KTP yang ditentukan oleh pusat dimana target KTP dari pusat sebesar 95%, dan Dispendukcapil telah melebihi target yaitu mencapai sebesar 100.45%, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember telah memperoleh prestasi juara 2 secara Nasional dalam kategori “DUKCAPIL BISA” 2020 dengan jumlah penduduk besar. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) tidak lepas dari berbagai macam permasalahan dan masih terdapat kekurangan ataupun dinilai kurang efektif oleh beberapa pihak. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana tingkat efektivitas aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) dalam pelayanan administrasi kependudukan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember?”. Penelitian ini menggunakan konsep efektivitas dan indikator-indikator efektivitas menurut Duncan (dalam Steers, 2012:53) yang terdiri dari 3 aspek yaitu pencapaian tujuan yang dipandang sebagai puncak dari keseluruhan usaha suatu program dalam hal ini pelayanan publik dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, integrasi yang dipandang sebagai alat ukur untuk mengukur tingkat kemampuan organisasi dalam melakukan kegiatan atau program sekaligus kemampuan dalam mengadakan sosialisasi, dan adaptasi yang dipandang sebagai kemampuan organisasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat deskriptif yang membutuhkan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket (kuesioner), observasi, wawancara dan dokumentasi. Perhitungan validitas yang digunakan ialah validitas konstruk dan pengujian reliabilitas alpha cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan uji statistik dan kelas interval untuk menentukan tingkat efektivitas yang diraih oleh aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) dalam pelayanan administrasi kependudukan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Hasil penelitian ini adalah efektivitas aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP) dalam pelayanan administrasi kependudukan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember berada pada tingkatan cukup efektif. Berdasarkan hal tersebut penilaian yang dikumpulkan dari responden memberikan indikasi masyarakat kurang puas dengan aplikasi sistem informasi pelayanan (SIP).en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Anwar, M.Si Dosen Pembimbing Anggota : Hermanto Rohman, S.Sos, MPAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectEFEKTIVITAS APLIKASIen_US
dc.subjectSISTEM INFORMASI PELAYANAN (SIP)en_US
dc.subjectPELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN E-KTPen_US
dc.titleEfektivitas Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan (SIP) dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan E-KTP (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record