Analisis Pelayanan Pelanggan pada UMKM D'zeera Kota Cilacap Jawa Tengah
Abstract
Berdasarkan dari hasil Praktek Kerja Nyata (PKN) pada UMKM D’zeera kota
Cilacap Jawa Tengah terkait Kegiatan Administrasi dan Pelayanan Pelanggan yang
dilakukan pada pagian Customer Service dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Kegiatan-kegiatan administrasi tidak bisa dilepaskan dari ruang lingkup
keseretariatan. Pengelolaan kegiatan administrasi pada pelayanan pelanggan UMKM
D’zeera kota Cilacap, mencakup melayani permintaan-permintaan pelanggan terkait
produk yang di jual, seperti membalas chat dan menginformasikan hal penting terkait
produk. Kegiatan administrasi dibagian Customer Service pada UMKM D’zeera kota
Cilacap dilaksanakan untuk menghimpun data-data dan mengolahnya sehinga data
tersebut nantinya akan digunakan sebagai data pendukung untuk kelangsungan
kegiatan UMKM D’zeera.
2. Pelayanan pelanggan pada bagian Customer Service di UMKM D’zeera kota Cilacap
Jawa Tengah dilakukan agar dapat memberikan citra baik kepada para pelanggan
yang ingin membeli produk yang dijual oleh UMKM D’zeera dan menjaga
keloyalitasannya. Langkah-langkah yang perlu diambil dan dilakukan adalah seperti
memberikan pelayanan terbaik walaupun melalui media sosial dengan fast respon
saat membalas chat dari pelanggan, menggunakan bahasa yang santun dan ramah dan
tidak berbelit-belit saat merespon permintaan dari pelanggan.