• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan (Studi Kasus: Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Larensy Mustikarani - 191910301155.pdf (2.461Mb)
    Date
    2021-07-14
    Author
    MUSTIKARANI, Larensy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jalan Ahmad Yani merupakan bagian dari jalan nasional dengan panjang 4,1 KM yang terletak di Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember menghubungkan antara Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Pada ruas Jalan Ahmad Yani terdapat segmen yang merupakan lokasi rawan kecelakaan yaitu pada STA 9+900-STA 10+900 dikarenakan jumlah kejadian kecelakaan di Ruas Jalan Ahmad Yani berdasarkan data Unit Satuan Lalu Lintas Polres Jember selama empat tahun terakhir yaitu tahun 2017 terdapat 12 kejadian, tahun 2018 terdapat 10 kejadian, tahun 2019 terdapat 12 kejadian dan tahun 2020 terdapat 13 kejadian. Pada penelitian ini penggunaan data meliputi data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan yaitu berupa kondisi geometrik eksisting jalan dan kondisi eksisting pada harmonisasi pelengkap jalan yang didapatkan melalui survey inventarisasi dan pengukuran secara langsung di lapangan. Sedangkan, data sekunder yang digunakan yaitu berupa data jumlah kecelakaan pada ruas Jalan Ahmad Yani selama empat tahun terakhir (2017-2020). Pengolahan data primer dilakukan dengan menggunakan bantuan software AUTOCAD yang selanjutnya dilakukan penggambaran mengenai kondisi geometrik eksisting jalan dan pada kondisi eksisting harmonisasi pelengkap jalan sesuai dengan hasil survey yang didapatkan. Sedangkan pengolahan data sekunder dilakukan pengolahan menggunakan Microsoft excel untuk mengelompokkan kejadian kecelakaan sesuai titik lokasi kejadian dan membagi jalan menjadi lima segmen yaitu segman KM 6+900-7+900, KM 7+900-8+900, KM 8+900-9+900, KM 9+900-10+900 dan KM 10+900-11+000. Selanjutnya, dapat dilakukan perhitungan nilai (AEK) Angka Ekivalen Kecelakaan, (UCL) Upper Control Limit,dan (BKA) Batas Kontrol Atas untuk mengetahui lokasi rawan kecelakaan dari lima segmen tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan pada penelitian ini diketahui lokasi rawan kecelakaan terdapat pada segmen ke-empat yaitu 9+900-10+900 dengan nilai AEK 84 lebih besar dari nilai UCL 42,087 dan BKA 50,233 Setelah mengetahui lokasi rawan kecelakaan selanjutnya dapat dilakukan inspeksi keselamatan jalan dengan melakukan peninjauan pada kondisi eksisting geometrik jalan dan kondisi harmonisasi pelengkap jalan pada lokasi rawan kecelakaan. Tahap terakhir setelah dilakukan inspeksi keselamatan jalan pada lokasi rawan kecelakaan segmen 9+900-10+900 diberikan beberapa usulan penanganan diantaranya dapat dilakukannya monitoring yang terjadwal pada kondisi geometrik perkerasan jalan, melakukan pendataan kekurangan perlengkapan rambu lalu lintas dan merealisasikan sanksi tegas pada pelaku yang melanggar peraturan lalu lintas.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109226
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository