Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Menggunakan Information System Success Model (ISSM) (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Kaliwates Jember)
Abstract
Salah satu rumah sakit yang menerapkan SIMRS adalah Rumah Sakit Umum (RSU) Kaliwates Jember.
SIMRS memberikan keuntungan dalam meminimalkan human eror. Namun, dalam penggunaan sistem masih terdapat beberapa masalah seperti waktu respons sistem saat memilih sebuah menu, harus menunggu lebih lama, fitur yang disediakan
tidak sesuai dengan keinginan user dan proses billing dilanjutkan saat pasien pulang, serta SIMRS tidak sepenuhnya terintegrasi dengan unit akuntansi. Sehingga perlu dilakukan penelitian terkait keberhasilan sistem informasi dengan menggunakan Information System Success Model (ISSM). Hasil pengujian hipotesis menghasilkan 5 hipotesis yang diterima, yang menunjukkan bahwa Kualitas Sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan, Kualitas Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, Penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Manfaat Bersih, dan Kepuasan Pengguna berpengaruh positif dan signifikan
berdampak pada Manfaat Bersih. Rekomendasi yang diberikan yaitu dengan meningkatkan variabel System Quality pada
Indikator Response Time, variabel Information Quality pada indikator Kelengkapan dan
Variabel Service Quality pada indikator Responsiveness.