Membangun Guru Agama Katolik Yang Kreatif, Inovatif, dan Motivatif di Masa Pandemi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, dan menganalisa perspektif substantive
kreativitas, inovasi, dan motivasi guru serta ciri guru katolik yang kreatif, intovatif, dan
motivatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui kajian literature, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan
deskriptif kualitatif. Hasil analisis berupa kondisi riil di lapangan yang diperoleh dari pendapatpendapat, termasuk perspektif keguruan Yesus Kristus. Perpektif peneliti dilakukan dengan cara
refleksi, analisis, dan komparasi masing-masing pandangan maupun teori untuk menemukan sisi
kelebihan dan kekurangan. Selanjutnya ditarik kesimpulan sebagai laporan akhir penelitian ini.
Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa daya cipta dan karsa akal budi membantu manusia
untuk mengatasi masalah dan menjawab tujuan. Daya inovasi dapat terlihat melalui kreasi guru
dalam memudahkan siswa menyerap pengetahuan yang diajarkan. Keguruan Yesus adalah
faktor utama bagi guru katolik yang kreatif, inovatif, dan motivatif. Seorang guru katolik yang
kreatif, inovatif, dan motivatif harus mengutamakan tugas hakikinya; mencari siswa dan
menjawab kebutuhan mereka; menggunakan media kontekstual sesuai kebutuhan siswa atau
pebelajar; selain berupaya menjadi pribadi atau seorang guru yang berintegritas, teladan, dan
tidak pandang bulu.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]