• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pengetahuan dan Persepsi Masyarakat terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Perbankan Syariah (Studi Kasus Desa Kesilir Kecamatan Wuluhuhan Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.510Mb)
    Date
    2022-04-07
    Author
    HIKMAYA, Savira
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masyarakat yang memiliki kekhawatiran terhadap adanya riba atau bunga bank maka perbankan syariah dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif. Perbankan syariah bisa menjadi alternatif perbankan yang lebih inovatif sebagai sarana dari peminjaman modal dan menginvestasikan dana. Andrianto dan Firmansyah (2019: 26) Bank syariah merupakan bank yang kegiatannya mengacu pada hukum islam dan dalam kegiatannya tidak membebankan bunga maupun tidak membayar bunga. Pengetahuan konsumen tentang informasi perbankan syariah akan memperikan dampak terhadap keputusaan konsumen. Sehingga seseorang yang memiliki pengetahuan dan persepsi yang baik tentang perbankan syariah maka akan semakin untuk memilih menjadi nasabah di perbankan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan persepsi masyarakat terhadap keputusan menjadi nasabah di perbankan syariah (studi kasus Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data dari hasil kuesioner dengan sampel sebesar 100 responden dengan pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik cluster sampling. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel yaitu pengetahuan dengan 5 indikator, persepsi dengan 5 indikator dan variabel keputusan menjadi nasabah 5 indikator. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa variabel pengetahuan dan persepsi masingmasing berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah di perbankan syariah. Hal ini dibuktikan dengan variabel pengetahuan memiliki nilai t hitung 9,337 pengetahuan berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah di perbankan syariah. Variabel persepsi memiliki nilai t hitung 8,504 dengan nilai probabilitas signifikasi 0,000 > t tabel 1,985. Maka dapat diartikan bahwa persepsi masyarakat berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah di perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji ini diketahui variabel yang paling berpengaruh terhadap keoutusan menjadi nasabah di perbankan syariah adalah variabel pengetahuan. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien variabel pengetahuan sebesar 0,521 lebih besar dibandingkan dengan variabel persepsi yang memiliki nilai koefisien 0,369
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108945
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12471]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository