Sistem Transaksi Bank Sampah Berbasis Aplikasi Mobile Menggunakan Metode Gamifikasi Appreciative Inquiry
Abstract
Konsep bank sampah sendiri pada dasarnya adalah sistem pengelolahan sampah secara kolektif berprinsip
daur ulang untuk dijadikan produk yang memiliki nilai jual secara ekonomis maupun dapat dijadikan barang yang dapat dijual kembali. Teknis dari pengelolahan bank sampah, memiliki permasalahan pada masih kurangnya minat tarik dari masyarakat, permasalahan yang lainnya adalah kurangnya usaha dari nasabah dalam pemilahan jenis
sampah maka diperlukannya inovasi dan pemikat daya tarik dari suatu metode. Pengembangan sistem aplikasi bank sampah sebagai media transaksi pengumpulan sampah menjadi sebuah solusi untuk mengatasi sebuah keterbatasan masalah pada cara transaksi bank sampah. Dengan pemanfaatan metode gamifikasi sebagai sebuah langkah yang dapat menstimulasikan lingkungan yang dapat memacu minat tarik nasabah yang berbentuk pengalaman baru dalam proses transaksi. Model pengembangan sistem aplikasi pada penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Sistem ini dikembangkan dengan berbasis android mobile, menggunakan framework flutter, dan menggunakan database yaitu firebase. Pada hasil evaluasi blackbox sistem aplikasi bank sampah yang dikembangkan terbukti sangat layak sebagai media transaksi pengelolahan bank sampah, dan untuk hasil respon analisa kelayakan pengguna aplikasi ini sangat menarik sebagai media transaksi pengelolahan bank sampah berbasis mobile, baik bagi kelayakan pengguna, dan memotivasi minat bagi nasabah.