Perancangan dan Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Sektor Perekonomian Masyarakat Desa Gambirono
Date
2022-08-02Author
MUSMEDI, Didik Pudjo
NUGRAHA, Kristian Suhartadi Widi
FATIMATUZZAHRAH, Nanda
INDRANINGRAT, Ketut
GUSMINTO, Eka Bambang
Metadata
Show full item recordAbstract
Minimnya pengetahuan masyarakat Desa Gambirono tentang teknologi digital untuk pengembangan
bisnis menjadi salah satu faktor perekonomian Desa Gambirono yang tidak stabil. Komunitas Gambirono
masih sangat membutuhkan bantuan dan pelatihan pemasaran digital. Kegiatan pengabdian kepada
masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Desa Gambirono tentang digital
marketing dan melatih masyarakat Desa Gambirono dalam pemanfaatan e-commerce dan media sosial
sebagai sarana kewirausahaan, khususnya di masa pandemi ini. Metode yang digunakan adalah
pendekatan pilar pengembangan masyarakat, yaitu partisipasi, pelembagaan, dan keberlanjutan. Selain
permasalahan umum yang dihadapi masyarakat Desa Gambirono, tim pengabdian masyarakat juga
telah mengembangkan sistem informasi keuangan bagi pelaku usaha konveksi yang selama masa
pandemi ini mengalami kesulitan dalam mengendalikan masuk dan keluarnya keuangan akibat uang
yang tidak mencukupi. masuk. Selain itu, kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pelatihan door to
door tentang penggunaan e-commerce dan media sosial di masyarakat sekitar.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]