• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Impelemtasi Media Pembelajaran Interaktif Sawangan Burung Merpati Pokok Bahasan Gelombang Bunyi di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI FINAL_TANIA LUTFI(180210102035)_REPOSITORY.pdf (4.039Mb)
    Date
    2022-04-20
    Author
    LUTFI, Tania
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata pelajaran fisika pada dasarnya merupakan cabang ilmu pengetahuan yang sangat abstrak dan sering dianggap relatif sulit dipahami oleh sebagian besar siswa khusunya siswa SMA. Memasukkan etnosains dalam pembelaaran fisika merupakan salah satu cara untuk mengatasih ambatan belajar siswa. Etnosains sebagai alternatif pembelajaran kontekstual dapat dipadukan dalam berbagai materi pembelajaran fisika di sekolah yang kemudian menjadikan pengetahuan yang diperoleh siswa merupakan pengetahuan hasil bernalar dan konstruksi siswa itu sendiri, sehingga mudah dipahami dan mudah diingat oleh siswa. Selain itu, Salah satu perangkat penting yang mempengaruhi pemahaman siswa pada saat proses pembelajaran fisika adalah media pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yaitu teknologi berbasis PC disajikan dalam bentuk media pembelajaran interaktif, dimana media pembelajaran interaktif ini dapat diakses oleh siswa secara mandiri melalui Laptop atau PC yang mereka miliki. Sehingga pada penelitian ini peneliti menerapkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi komputer yang mengangkat budaya tradisional penggunaan Sawangan burung merpati sebagai media pembelajaran gelombang bunyi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dimana media dibuat dengan menggunakan desain penelitian model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang dikembangkan oleh Luther (1994). Tahapan penelitian dengan model ini secara garis besar meliputi peentuan tujuan dibuatnya media sesuai dengan kebutuhan user, penyusunan desain, pengumpulan komponen penyusun media, pembuatan media, pengujian media, serta pendistribusian media. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, tes hasil belajar siswa, dan lembar angket respon siswa terhadap media pembelajaran yang diterapkan. Hasil produk media pembelajaran yang dihasilkan berupa aplikasi yang dapat diakses melalui laptop atau komputer (PC). Media disajikan dengan materi gelombang bunyi yang diintegrasikan dengan kebudayaan penggunaan Sawangan merpati . Desain media pembelajaran yang telah dibuat memiliki beberapa halaman menu, diantaramya yaitu : (1) Halaman Log in, (2) Halaman Muka (Cover), (3) Halaman Menu Utama, (4) Halaman Profile Penyusun Media Pembelajaran Interaktif, e. Halaman Kompetensi Dasar, f. Halaman Sawangan, g. Halaman Contoh Soal, h. Halaman Log Out. Beberapa menu tersebut dapat dijalankan dengan menggunakan tombol yang telah tersedia sesuai dengan kehendak user. Pada tahapan ditribusi dilakukan uji coba produk, uji coba produk media dilakukan pada kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Jember. Uji coba dilakukan untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan produk media yang dihasilkan. Keefektifan produk ditentikan berdasarkan hasil belajar siswa melalui pre test dan post test dengan analisis N-gain Score, Berdsarkan hasil nilai pre test dan post test yang telah dilakukan diperoleh nilai N-gain sebesar 33,55% yang menunjukkan efektif pada kategori sedang. Sedangankan kepraktisan media diukur berdasarkan angket respon siswa. Hasil analisis angket respon siswa memiliki presentase 86,23% yang menujukkan kategori respon sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dapat diakses melalui laptop atau PC . Produk media memiliki beberapa menu yang berisi materi gelombang bunyi yang diintegrasikan dengan Sawangan merpati dapat diakses siswa secara mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran yang dihasilkan termasuk efektif dalam kategori sedang . Selain itu, kepraktisan produk media pembelajaran termasuk pada kategori sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif yang diitegrasikan dengan Sawangan merpati dapat digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108694
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository