• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tema Cita-Citaku Kelas IV SDN Sumberjambe 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Ratnasari Illyyin_180210204156.pdf (7.800Mb)
    Date
    2022-04-25
    Author
    ILLYYIN, Dwi I Ratnasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum pendidikan yang diterapkan di Negara Republik Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menitik beratkan pada tiga aspek yakni aspek afektif, aspek kognitif, dan juga psikomotor. Pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013 adalah pembelajaran tematik integratif. Pembelajaran pada kurikulum 2013 diwajibkan melaksanakan pembelajaran dengan mengintegrasikan literasi, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), serta memunculkan keterampilan abad 21 diantaranya 4C (Creative, Critical Thinking, Comminicative, Collaborative) dan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Berdasarkan hasil dari observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada pembelajaran tematik masih belum optimal dan hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah terutama dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor, diantaranya yakni: (1) Dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas, model pembelajaran yang diterapkan masih bersifat teacher oriented (pembelajaran berpusat pada guru) (2) Peserta didik masih terbiasa mengerjakan soal berbasis (LOTS) dan belum terbiasa mengerjakan soal berbasis (HOTS). Sehingga, apabila diberikan soal berbasis HOTS masih banyak peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM (70). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tema cita-citaku kelas IV SDN Sumberjambe 03 Jember. Tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tema cita-citaku kelas IV SDN Sumberjambe 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sumberjambe 03 dengan jumlah 24 peserta didik, yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang terintegrasi soal-soal berbasis HOTS pada kelas IV, tema 6 cita-citaku, subtema 2 hebatnya cita-citaku, pembelajaran 1. Hal tersebut dapat dilihat pada siklus I hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pra-siklus. Hasil belajar pada siklus I menunjukkan bahwa peserta didik sudah mampu mengerjakan soal berbasis HOTS dengan cukup baik. Peserta didik yang mendapat nilai diatas KKM (70) sebanyak 11 peserta didik, dan yang belum memenuhi KKM (70) sebanyak 13 peserta didik. Sedangkan jumlah peserta didik yang tuntas pada prasiklus sebanyak 4 peserta didik. Pada saat pra-siklus rata-rata skor peserta didik secara klasikal hanya sebesar 54,7% (termasuk dalam kategoti kurang baik), kemudian pada siklus I rata-rata ketuntasan peserta didik secara klasikal sebesar 63,8% dan termasuk dalam kriteria cukup baik. Persentase hasil belajar peserta didik semakin meningkat pada siklus II. Peserta didik yang mencapai nilai diatas KKM (70) berjumlah 15 peserta didik, sedangkan 9 peserta didik yang lainnya masih belum tuntas dengan nilai di bawah KKM (70). Pada siklus II rata-rata ratarata skor peserta didik secara klasikal sebesar 71,2% dan termasuk dalam kriteria baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang didalamnya terintegrasi soal-soal berbasis HOTS pada tema 6 cita-citaku, subtema 2 pembelajaran 1, di kelas IV SDN Sumberjambe 03.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108690
    Collections

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository